Kolom

“Sweet Dragonfly” (1)

Salam Unique…

Tulisan sebelumnya di kolom ini kami sudah membahas tentang bagaimana para pendesain perhiasan berbahan baku perak dalam menciptakan karya, sangat dipengaruhi oleh lingkungannnya. Diantaranya adalah hasil implementasi dari kekayaan alam. Kekayaan alam yang diimplentasikan dalam bentuk desain perhiasan, salah satunya dengan mengambil bentuk dari satwa.

Nyoman Eriawan, pemilik UC Silver mengambarkan UC Silver sebagai industri perak yang  sudah mendunia membuat sebuah ikon dari salah satu satwa dan menjadikan ciri khas di perusahaan ini, capung (sweet dragonfly).  Para desainer perhiasan  di UC Silver membuat desain capung ini menjadi unik, indah, dan tentu dengan kualitas pasar dunia. Pertanyaannya, mengapa UC Silver mengambil ikon dari salah satu satwa dari jenis serangga ini?

Sebagai pemilik, pengagas, dan membangun perusahaan industri perak ini dari puluhan tahun yang lalu, Nyoman Eriawan tentu mempunyai dasar kenapa capung menjadi pilihan ikon dari UC Silver. Capung adalah serangga  yang mempunyai peran sangat penting dalam rantai kehidupan. Jenis  serangga ini sering kita temukan di lahan pertanian,  ladang atau  perkebunan.

Negara  Indonesia yang kita cintai ini terkenal dengan sebutan sebagai negara agraris. Dimana penduduknya sebagian besar mempunyai mata pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam.  Teknologi modern pada  sistem pertanian saat ini membuat pemakaian dari bahan chemical (kimiawi) makin tinggi. Tentu ini berdampak pada ekosistem dalam rantai kehidupan pada lingkungan tersebut. Salah satu yang membuat keberadaan capung makin langka kita temui di alam adalah hal tersebut. Serangga kecil  yang mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan ekosistem ini terancam kepunahannya. Kepedulian terhadap hal tersebut menjadikan dasar UC Silver mengangkat capung sebagai ikon dari perusahan industri perak ini yang terkenal dengan sebutan ‘Sweet Dragonfly’

Nyoman Eriawan yang mempunyai talenta lebih dan sudah berpengalaman di industri perak ini menggambarkan ada delapan filosofi dibalik desain ‘sweet dragonfly’. Filosofi  yang pertama adalah “equality and balance in life.” Filosofi ini menggambarkan kehidupan akan dapat berjalan dengan dinamis. Ada tawa, tangis,  canda, sedih, bahagia  dan keputusasaan berdatangan dalam kehidupan secara silih berganti. Desain sweet dragonfly menyeimbangkan antara kiri dan kanan.  Agar demikianlah kita menghadapi sebuah kehidupan di dunia ini. (Bersambung)

Apa saja yang akan kami tulis untuk kolom ini selanjutnya. Nantikan tulisan kami setiap dua minggu sekali,  kami akan hadir di kolom ‘I AM UNIQUE’ yang membagi informasi secara detail  tentang UC Silver. Bagaimana cara memilih kualitas perhiasan, bagaimana keunikan dari desain yang tercipta, sampai ke filosofi dari masing masing karya yang terbentuk. Kalau ingin melihat langsung gallery dan workshop UC Silver  silakan kunjungi kami di Jalan Raya Batubulan Gg Candrametu nomor 1 Batu Bulan Gianyar 80582. No telp (0361) 461511. Atau kunjungi website kami di www.uc-silver.com

 

I am Unique I am Happy…

UC Silver Bali

info@ucsilverbali.com

 

 

To Top