Bumi Gora

PKK NTB Membangun Mulai dari Kampung

Kerja keras dan semangat Im Penggerak TP PKK Nusa Tenggara Barat selama ini dalam melakukan pembinaan terhadap kader PKK terutama membangun serta memberikan pembinaan terhadap kampung KB di Kabupaten Lombok Tengah, Kecamatan Janapria dan Desa Jango, akhirnya membuahkan hasil menggembirakan. Kampung KB ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Republik Indonesia yang kemudian mengusulkan Ketua TP PKK NTB, Hj. Erica Zainul Majdi sebagai salah satu calon penerima tanda kehormatan satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia, terkait keberhasilan dalam bidang kependudukan, keluarga berencana dan membangun keluarga.

“Memasuki Desa Jango, perasaan kami seperti tidak memasuki kampung, tetapi kami merasa seperti memasuki kota, dengan akses jalan yang mulus dan bagus,” ungkap Ketua Tim Penilai Gelar Kehormatan Satyalancana Wira Karya, Letkol. Sandi, M.Si dari Sekretariat Militer Presiden RImengunjungi Kampung KB “Pacu Solah” di Dusun Kenyalu, Desa Jango, Lombok Tengah NTB, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, sebelum turun ke lapangan, tim penilai telah mendapatkan pemaparan dari Ketua TP PKK NTB secara komprehensif tentang bagaimana PKK NTB membangun dan membina kampung KB ini. “Ternyata apa yang disampaikan tidak meleset dari apa yang kami lihat di lapangan,” ujar Letkol Sandi dalam sambutannya, saat meninjau Kampung KB “Pacu Solah” di Dusun Kenyalu, Desa Jango ini.

Hasil tinjauan lapangan oleh tim ini dilakukan dengan mengecek dan melihat data dan fakta yang nantinya akan menjadi bahan penilaian untuk pengusulan penganugerahan tanda kehormatan satyalancana wira karya Presiden RI kepada Hj. Erica Zainul Majdi, Ketua TP PKK NTB. “Semoga dengan adanya data dan fakta yang sudah kita terima akan memberikan kelancaran untuk usulan diajukan tanda kehormatan satyalancana wira karya Presiden RI kepada Beliau,” katanya.

Ia menambahkan bahwa apa yang dilakukan bersama Tim Penilai saat ini adalah merupakan bagian dari penilaian untuk melihat dan memastikan secara langsungkondisi di lapangan mengenai hal-hal yang selama ini menjadi bagian dari prestasi dari Ketua TP PKK, khususnya terkait dengan Kampung KB yang memang ada dan sangat cantik, sesuai dengan namanya yakni “Pacu Solah” (benar-benar bagus).

Jalan yang mungkin dulu belum bagus, sekarang sudah beraspal, yang dulu jauh dari sarana kesehatan sekarang sudah dekat. Selain itu akses pendidikan yang bagus, sehingga tidak ada lagi anak putus sekolah serta kemajuan bidang ekonomi dengan kemudahan mencari nafkah bagi semua warga yang ada di Desa Jango. “Jadi semua yang tidak ada dulu di Desa Jango ini, sekarang telah tersedia dan terintegrasi, ke depan tingkatkan terus kerjasama dengan dinas instansi terkait, sehingga semua pembinaan dan pelayanan di Kampung KB Dusun Kenyalu ini dapat terus berjalan dengan lebih baik,” ujarnya.

Untuk itu, tim penilai melakukan kunjungan terhadap spot-spot unggulan Kampung KB di Desa Jango. Dengan peninjauan langsung tersebut diharapkan akan menjadi bahan masukan kepada Ketua Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dalam pengajuan terhadap usul penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada Hj. Erica Zainul Majdi.

“Kalau sampai ada yang menyampaikan keberhasilan kepemimpinan, tentu itu semata-mata karena keikhlasan dan semangat dari ibu-ibu kader TP PKK Kabupaten Lombok Tengah,” ujar Erica memberi sambutan.

Erica memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Jango atas keberhasilannya dalam bidang pendidikan, sehingga saat ini di Desaa Jango ini angka putus sekolah sudah tidak ada lagi. Ia menjamin kepada pemerintah pusat bahwa TP PKK Provinsi NTB akan sungguh-sungguh melaksanakan amanah dari pemerintah pusat untuk membangun negara mulai dari Kampung.

“Negara yang kuat, hebat dan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia, bukan mulai dari apa yang terjadi di kota-kota, tapi dari apa yang terjadi di Kampung. Mari kita bangun bangsa mulai dari Kampung,” kata Erica. (Naniek)

To Top