Kolom

“(Taksu) Perak Bali” (2)

Salam Unique…

Tulisan kami sebelumnya sudah membahas tentang bagaimana setiap daerah di Bali selalu mempunyai ciri khas kerajinan. Khusus untuk kerajinan perak banyak kita temui hasil karya yang unik, dan tentu mencerminkan kekhasan daerah masing-masing.

Sebagai pelaku usaha  industri perak di Bali, mereka senantiasa menjaga nilai pakem dan ruh dari adat dan budaya Bali. Inilah yang memberi kekuatan dan nilai lebih sehingga hasil karya industri perak di Bali selalu dapat memenuhi keinginan para pencinta perhiasan, khususnya perhiasan yang berbahan baku perak.

Tidak dapat dimungkiri  Bali masih mempunyai daya tarik yang sangat besar di industri perhiasan. Di dalamnya terkandung  nilai budaya serta keunikan dari adat dan budaya Bali itu sendiri. Perhiasan perak Bali masih mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan masih sangat diminati oleh pembeli di negara-negara Timur Tengah dan Amerika.  Namun, seperti yang pernah kami tulis sebelumnya, yang menjadi kendala dalam perkembangan industri perhiasan perak saat ini adalah tidak tersedianya tenaga sumber daya manusia(SDM) yang terlatih di bidang ini.

Nyoman Eriawan, pemilik UC Silver yang  terkenal mempunyai talenta lebih dan sudah berpengalaman di bidang ini memberikan gambaran tentang pembuatan perhiasan perak. Menurutnya dalam penggarapan perhiasan perak harus  dan wajib didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni, sehingga dapat menghasilkan perhiasan dengan desain yang berkualitas tinggi. Sayangnya, banyak generasi sekarang yang tidak tertarik untuk menggeluti industri perhiasan perak. Sehingga, sulit untuk menemukan talenta-talenta baru yang tumbuh dari generasi muda saat ini.

Eriawan berpendapat sebenarnya ‘taksu’ dari perhiasan perak di Bali masih sangat terjaga. Namun, melihat kendala tenaga dari sumber daya manusia yang sangat terbatas, maka saat ini sudah semestinya menjadi pemikiran para pengusaha perak di Bali untuk ke depannya. Bagaimana  agar tetap bisa bersaing dengan negara lain yang industri  perhiasannya berkembang sangat pesat. Para pesaing industri perak dari daerah lain banyak melakukan kreativitas dengan menonjolkan ciri khas daerahnya masing-masing. Seandainya sumber daya manusia di Bali yang menggeluti perhiasan perak mudah mendapatkannya, maka perkembangan para penggiat usaha di bidang perak di Bali akan dapat tumbuh dengan lebih pesat lagi.

UC Silver sebagai industri perak yang  sudah mendunia, selalu komitmen untuk  menjaga ‘taksu’ dari perak Bali.  Salah satu yang dilakukannya adalah dengan memberikan kesempatan kepada para generasi muda yang mempunyai  kemauan dan talenta di bidang ini. UC Silver berharap, merekalah nanti yang akan berkreativitas dan berkarya tiada henti untuk kemajuan industri perhiasan yang berbahan baku perak.  Selanjutnya, menjadikan perhiasan perak Bali selalu menjadi destinasi wisata dunia dengan kelebihannya yakni selalu mempunyai ‘taksu’ di setiap karya yang dihasilkan.

Apa saja yang akan kami tulis untuk kolom ini selanjutnya, nantikan tulisan kami setiap dua minggu sekali.  Kami akan hadir di kolom ‘I AM UNIQUE’ yang membagi informasi secara detail  tentang UC Silver. Bagaimana cara memilih kualitas perhiasan, bagaimana keunikan dari design yang tercipta, sampai ke filosofi dari masing masing karya yang terbentuk. Kalau ingin melihat langsung ‘Gallery dan Workshop UC Silver’  silakan kunjungi kami di Jalan Raya Batu Bulan Gg. Candrametu Nomor 1 Batu Bulan, Gianyar, 80582. Telepon  0361-461511  atau kunjungi website kami di www.uc-silver.com

 

I am Unique I am Happy..

UC Silver Bali

info@ucsilverbali.com

To Top