Surabaya

Rasa Mantap Sambal Klotok

Siapa tak mengenal sambal? Makanan pelengkap khas Indonesia yang memiliki rasa pedas ini begitu populer di lidah masyarakat nusantara.  Ada banyak jenis sambal di tanah air, mulai dari sambal bawang, sambal terasi, sambal bajak, sambal balado, sambal dabu-dabu  sambal lado ijo, sambal tuna, dan sambal klotok

Saat ini di pasaran beredar ratusan produk sambal dalam kemasan botol dengan berbagai merek. Keberadaan sambal kemasan dalam botol mampu menjawab keinginan masyarakat perkotaan yang ingin tetap bisa menikmati sambal disela-sela padatnya aktivitas pekerjaan.

Piheni Tyas Wilujeng  adalah salah satu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mencoba mengadu peruntungan dengan membuat sambal klotok dalam kemasan. Sambal buatannya tidak  menggunakan penyedap. Dengan merek FR Production, sambal  tersebut  mampu bertahan 3 minggu dalam suhu normal dan kuat sampai  3 bulan dalam lemari es.

Walaupun baru dua tahun, pesanan sambal klotok sudah mengalir dari berbagai tempat di Surabaya seperti SD Muhammadiyah 4 Surabaya, SMP Muhamadiyah 9, Hotel Djagalan, Grup UKM SKU dan Pemerintah Kota Surabaya. Bahkan saat ini sudah ada pelanggan dari luar kota seperti Sidoarjo, Gresik, dan Tangerang, Piheni menjual produk sambal buatannya  tersebut dengan harga Rp 20 ribu per botol,

“Kata pelanggan sambal klotok buatan saya rasanya mantap hasil perpaduan yang pas antara sambal dan klotoknya. Alhamdulilah saat ini omzet penjualan saya sudah mencapai Rp 2 juta per bulan“ kata Piheni.

Sebelum menjalani bisnis pembuatan sambal klotok, Piheni adalah guru baca tulis Alquran yang mengajar secara privat dan mengajar di beberapa sekolah. “Saat mengajar di TPQ Al Mabrur saya ditawari oleh Ustad Yasin dan Ibu Ana untuk aktif di majelis Ekonomi Aisyah. Saya diajak bergabung di komunitas UKM oleh Pak Hakim dan Bu Indra. Saya ingin sukses dunia dan akhirat, produk sambal klotok buatan saya dikenal luas oleh masyarakat,” kata ibu dari Mufida Alam Islami dan Rasya Alam Islami ini. (Nanang/Bisnis Surabaya)

To Top