Life Story

Bangsa Maju Literasi Kuat

Beberapa waktu lalu, Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi kembali dianugerahi penghargaan sebagai Tokoh Perbukuan Islam 2018 pada acara 17th Islamic Book Fair (IBF) di Jakarta. Acara yang diselenggarakan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta ini merupakan pameran buku Islam terbesar se-Asia Tenggara yang bertempat di Jakarta Convention Center Senayan Jakarta.

Penghargaan sebagai Tokoh Perbukuan Islam tersebut diserahkan oleh Ketua IKAPI Jakarta, Hikmat Kurnia. Pada kegiatan yang mengusung tema meraih kejayaan Islam melalui literasi, IKAPI memilih Gubernur NTB ini sebagai peraih penghargaan tersebut karena ia dinilai sebagai sosok yang gemar membaca dan menularkan hasil bacaannya tersebut kepada masyarakat luas.

Majdi juga dinilai sebagai gubernur inspiratif bagi generasi bangsa, dengan sederet prestasi, baik sebagai ulama, maupun sebagai kepala daerah. Menurut Ketua IKAPI, Gubernur NTB merupakan kepala daerah yang berhasil mengangkat dan membangun NTB ke level yang membanggakan. Bahkan mampu bersaing dengan daerah-daerah lain yang lebih dahulu maju.

Majdi menyampaikan rasa syukur atas penghargaan tersebut. Ia mengungkapkan masih banyak tokoh-tokoh lain yang juga harus mendapatkan penghargaan tersebut, sebagai bentuk penghargaan atas karya-karya besar mereka dalam bentuk literasi. Menurutnya, kalau ingin bangsa ini maju dan kuat, maka literasinya harus kuat.

Ia menegaskan bahwa penghargaan tersebut bukan hanya untuk dirinya melainkan juga untuk generasi muda bangsa, khususnya NTB. “Penghargaan ini untuk anak-anak muda NTB,” ungkapnya yang sambut tepuk tangan para undangan yang hadir.

Selain tokoh perbukuan Islam 2018, IKAPI Jakarta juga menyerahkan penghargaan kepada para penulis dengan kategori Buku Islam terbaik kategori fiksi dewasa, Buku Islam terbaik kategori non-fiksi anak, Buku Islam terbaik kategori non-fiksi dewasa, Buku Islam terbaik kategori terjemahan, Buku Islam dengan Desain Sampul Terbaik dan Buku Islam dengan Ilustrasi Terbaik.

Ketua panitia, Muhammad Anis Baswedan mengatakan IBF tahun ini merupakan wahana dan salah satu ajang untuk wisata literasi Islami. Sekitar 151 penerbit dan 53.000 judul buku serta 15.000.000 eksemplar buku dipamerkan dalam IBF tersebut. (hms/Naniek I. Taufan)

 

To Top