Woman on Top

Eka Wiryastuti: Ciptakan Tari Rejang Sandat Ratu Segara

Hidup ini  adalah berbuat, bergerak, dan  berkesinambungan. Pergerakan dengan seni  sangat mudah diingat. Selain itu, ucapan syukur  kepada alam semesta,  termasuk Ratu Segara  yang sudah menuntun  Tabanan  sehingga mendapatkan banyak prestasi dan membuat Tabanan makin maju.

Itulah tujuan utama Bupati Tabanan Eka Wiryastuti menciptakan tari kreasi baru Rejang Sandat Ratu Segara.  “Saya berharap, tarian ini bisa menjaring kader muda  sebagai penerus untuk  cinta dan mau menjaga Tabanan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, tarian ini sangat unik karena ada unsur perpaduan budaya Jawa dan Bali.  Menurutnya, mengapa ada budaya Jawa di dalamnya, mengingatkan kita jangan lupa kepada sejarah.  “Kita tidak boleh lupa,  nenek moyang kita berasal dari Jawa,” kata Eka. Dalam tarian yang berdurasi 11 menit ini, juga diisi dengan suara sinden dan kakawin Bali.

Tarian Rejang Sandat Ratu Segara juga disebut sakral, karena ada pakem-pakem yang memang harus dipatuhi seperti yang menarikan tidak boleh dalam kondisi haid/cuntaka.  Para penarinya memang dikhususnya bagi siswi SMP dan SMA.  “Tarian ini saya ciptakan cukup singkat hanya tiga minggu. Saya dibantu Muder dan Dadong Rerod,” ujar Eka.

Rencananya tarian ini akan dipentaskan di pelantaran Tanah Lot, Kediri, Tabanan,  pada  18 Juli 2018 pukul 18.18. Tidak perlu penari yang banyak, karena para penari  hanya boleh menari di areal wewidangan Tanah Lot, sehingga terpilih 1800 penari.   “Kemarin Sabtu, tarian ini dipentaskan di pendopo rumah sebagai  pre-event untuk disebarkan nanti   ke masing-masing  kecamatan. Kami membuat   master 20 orang,  master ini akan turun kecamatan. Para pelatih akan menari akbar di Gedung Marya. Setelah itu, baru mereka turun ke masing-masing kecamatan,” jelas Eka.

Dari segi busana, tarian ini  terlihat sangat sederhana tak banyak mengambil warna.  Penari dalam balutan kebaya putih dengan kain dan selendang hijau serta  hiasan kepala bunga sandat dan cempaka.

Rencana ke depan, Eka Wiryastuti juga akan menghadirkan tarian ini di Festival  Pantai Yeh Gangga, Batu Bolong dengan 3600 penari.  (ast/bns)

 

To Top