Kolom

DESIGNER

Salam Unique

Perhiasan yang berbahan baku perak tidak akan pernah lepas dengan tiga hal penting, yaitu design, quality, dan price. Ketiga hal inilah yang sering saya bahas agar dapat lebih mengetahui seluk beluk perhiasan khususnya yang berbahan baku perak.

Berbicara tentang design, seperti tulisan–tulisan sebelumnya, seorang designer sangat memegang peran penting atau lebih tepatnya memiliki peran strategis dalam pembuatan sebuah perhiasan yang berbahan baku perak. Hal ini terjadi karena awal dari sebuah barang yang akan dibuat, merupakan  peran designer yang sangat menentukan. Bermula dari ide, kemudian diterjemahkan dalam sebuah konsep, hingga dapat mewujudkan dalam bentuk barang.Tentu dengan tujuan agar barang yang dibuat dapat disenangi oleh para customer.

Nyoman Eriawan, pemilik UC Silver yang terkenal mempunyai talenta lebih dan  sudah lama menggeluti  bidang ini menyatakan, seorang designer tidak cukup hanya mendesain, tetapi lebih dari itu. Dia harus memahami  produk apa yang akan dijual. Sehingga pemahaman terhadap karakteristik dari barang yang dijual akan lebih dapat membuat suatu barang mempunyai ciri dari perusahaan dimana mereka bekerja. Misalnya desain Bali, Cina, Eropa, dan lain sebagainya. Untuk pemahaman terhadap ciri khas dari sebuah perusahaan dimana mereka bekerja sebagai designer, mereka haruslah dibekali pengetahuan dari awal. Seperti apa visi dari perusahaan tersebut sehingga visi dari  perusahaan dimana mereka bekerja  dapat dijadikan dasar  untuk berkreasi menciptakan sebuah design.

Untuk mencetak  seorang designer perhiasan berbahan baku perak yang andal tentu tidak mudah. Di Bali yang sudah terkenal dengan seni, dan banyak yang mempunyai talenta yang mumpuni di bidang design tidak cukup untuk menjadikan mereka designer perhiasan perak yang mendunia. Menurut Eriawan yang sudah puluhan tahun bergelut di bidang ini, tidak terintegrasinya  sumber daya manusia menjadi penyebabnya. Mereka mau menggeluti bidang ini hanya karena senang, dan mempelajari secara otodidak tanpa  didukung oleh pendidikan formal di bidang ini. Padahal ketika mencetak tenaga designer yang mumpuni mereka harus mempunyai teknik–teknik dasar, yang tentu akan didapatkan dari pendidikan yang khusus di bidang ini.

UC Silver sebuah industri perhiasan berbahan baku perak yang sudah sangat terkenal, bahkan menjadi destinasi wisata yang sangat dikagumi saat ini , sangat memahami keadaan ini. UC Silver tetap merekrut orang–orang yang bertalenta di bidang design, namun tidak hanya sebatas itu. UC Silver menginginkan para designer ini memiliki standar internasional. Sehingga setelah mereka dilatih di workshop UC Silver yang tentu sudah memakai alat–alat modern, mereka juga diberangkatkan  ke luar negeri untuk mendalami pengetahuan tentang desain. Khususnya desain perak yang berstandar internasional.

Dukungan pemerintah sangat penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang andal di bidang ini, agar industri perak di Bali dapat berkembang sesuai dengan perkembangan pariwisata yang sangat pesat.  Eriawan berharap agar sekolah seni dapat menambahkan pengetahuan desain perak agar dapat menciptakan designer perhiasan perak dari sejak awal.

Apa saja yang akan kami tulis  untuk kolom selanjutnya? Nantikan tulisan kami setiap dua minggu sekali, kami akan hadir di kolom ‘I AM UNIQUE’. Yang akan membagi informasi secara detail tentang UC Silver. Bagaimana cara memilih kualitas perhiasan, bagaimana keunikan dari design yang tercipta, sampai ke filosofi dari masing-masing karya yang terbentuk. Kalau ingin melihat langsung workshop dan gallery UC Silver, silakan kunjungi kami di Jalan Raya Batu Bulan Gg Candrametu nomor 1 Batu Bulan Gianyar 80582. Telp (0361) 461511. Atau, kunjungi website kami di www.uc-silver.com

I am unique I am Happy…

UC Silver Bali

info@ucsilverbali.com

To Top