Sosialita

Maju dan Berprestasi Bersama Fakultas Hukum Undiknas

 Mahasiswa Teladan Tahun 2018 se- Kopertis Wilayah  VIII berhasil diraih duta Fakultas Hukum (FH) Undiknas University Denpasar, Pipin Carolina. Ia bersiap melanjutkan perjuangan, mengibarkan bendera FH Undiknas di tingkat Nasional.

Prestasi lainnya, Putri Conitatillah Jasmi, bersama  Wayan Eka Dara Yani dan Pipoin Carolina, berhasil menjadi juara 3 dalam Lomba Debat Hukum VII antar mahasiswa/wi Fakultas Hukum se–Bali tahun 2018  yang diselenggarakan BEM FH Universitas Warmadewa.

Dekan FH Undiknas Dr. AA Ayu Sri Rahayu Gorda, S.H., M.H. sangat mengapresiasi dan salut atas semangat dan kreativitas mahasiswa FH Undiknas. Geliat mereka sungguh luar biasa, Tiap orang yang memiliki kelebihan atau bakat dalam bidangnya itu sudah selayaknya diberikan penghargaan atas prestasi mereka. Terlebih lagi, mahasiswa FH Undiknas selalu siap menunjukkan potensi mereka dengan mengikuti berbagai lomba maupun kegiatan, bukan hanya di Bali dan nasional tapi hingga internasional.

“Kami juga bangga mereka setiap tahunya selalu berhasil mencari regenerasi serta melatih adik-adik kelasnya baik untuk tim debat, tim essay maupun tim peradilan semu. Prestasi yang telah diraih dapat diestafetkan terus.  Semangat mereka juga tidak hanya dalam kegiatan akademik tapi kegiatan nonakademik. Mahasiswa FH Undiknas juga kreatif  dengan menggelar pertandingan  basket, aksi sosial dan lomba modern dance,” lanjut Sri Rahayu Gorda.

Sebagai dekan, ia mengaku tidak memiliki strategi khusus dalam mengelola fakultasnya. Namun , ia selalu mendukung seluruh kegiatan  BEM, BPM & KOMIK , selayaknya seorang ibu yang pasti mendukung setiap kegiatan anak-anaknya yang positif. “FH Undiknas masih berproses untuk terus memperbaiki kualitas. Kami masih kecil tapi prestasinya haruslah besar,” tandas dekan yang dikenal dekat dengan para mahasiswanya ini.

I Kadek Alit Suwardana Putra, Ketua BEM FH Undiknas, membenarkan selama ini, dekan dan seluruh jajaran dosen di kampusnya, khususnya FH Udiknas memang telah memberi mereka ruang untuk mewadahi bakat atau talenta yang dimiliki mahasiswanya. Ia menambahkan salah satu program BEM  FH  Undiknas adalah ‘Law Creative Week’. “Dalam kegiatan ini digelar  lomba debat, lomba essay dan seminar nasional. Lomba debat dilaksanakan Sabtu (14/4) di Lantai 3 Gedung A Undiknas Denpasar dengan peserta dari kalangan SMA/SMK se – Bali,” kata Alit yang  didampingi beberapa pengurus BEM lainnya.

Lomba essay dilaksanakan Senin (16/4) juga di Lantai 3 Gedung A Undiknas Denpasar yang diikuti mahasiswa Perguruan Tinggi di Bali. Puncak acara diisi seminar nasional dengan tema “Bersuara Bersama Mahasiswa Demi Tercapainya Keadilan Ekologis “.

“Di puncak acara, Selasa  (7/4) sekaligus dilakukan penyerahan hadiah untuk pemenang lomba debat dan essay. Acara ini dihadiri pemain Bali United dan dihibur Rare Kual.  Semua dilaksanakan di Auditorium Perdiknas Denpasar mulai pukul 08.00,”  jelas Alit.

 

LAW COMPETITION UNTUK MASYARAKAT BALI

Alit juga mengatakan, BEM FH Undiknas telah memiliki agenda selama tahun 2018 ini. Mulai dari Undiknas Legal Writing (ULW) 2018, berupa

kelas menulis yang diadakan dalam rangka mengasah dan mengembangkan kemampuan karya tulis dari mahasiswa baru pada khususnya dan seluruh mahasiswa FH Undiknas Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan tiap Senin  didampingi seluruh fungsionaris BEM-FH Undiknas dan dosen pengampu yang memiliki keahlian dalam bidang menulis.

Kemudian ada program ‘Law Creative Week’. Sebuah kegiatan lomba bidang akademik, yaitu debat dan essay, untuk tingkat SMA/SMK . Biasanya kegiatan ini  dirangkaikan dengan kegiatan seminar nasional. “Selain itu kami juga menyelenggarakan ‘Fakultas Hukum Peduli’, yaitu program pengabdian kepada masyarakat. Sebagai aktivis ataupun mahasiswa mereka juga dituntut untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi demi sukses menjadi sarjana yang sujanah.

Ketua KOMIK (Komunitas Mahasiswa Kreatif) Putri Conitatillah Jasmi yang juga komandan Tim Debat FH Undiknas menambahkan, selain melakukan kerja bareng dengan BEM FH  untuk  ‘Undiknas Lawyer Club’ dan ‘Undiknas Legal Writing” , mereka juga melaksanakan program khusus oleh KOMIK. “Kami juga melaksanakan ‘Moot Court Simulation’ yakni seperti  simulasi jalannya  peradilan yang biasanya diberikan kepada mahasiswa baru, ” tandas Putri.

Semua kegiatan yang dilaksanakan di FH Undiknas, untuk menunjang dan mewadahi bakat dan talenta yang dimiliki tiap orang, agar dapat berkembang menjadi alat untuk bersaing didunia global saat ini.

Karena itu pula BEM FH Undiknas juga bermaksud menciptakan suatu wadah penyalur bakat dan talenta tersebut melalui sebuah kompetisi berjudul ‘Law Competition 2018’. “Acara ini bakal berlangsung selama sepekan dan dipastikan kami mengikutsertakan masyarakat umum se-Bali,” tandas Alit. -ard

To Top