Dara

Dua Atlet Wushu Buleleng Raih Medali

Dua atlet junior Buleleng dari cabang wushu berhasil menorehkan sejarah pada kejuaraan nasional yang digelar 29 Maret hingga 3 April 2018 di Yogyakarta. Mereka adalah Ni Ketut Listrayanti (14) dan Komang Mas Ema Santiawan (13).

Listrayanti yang bertarung di kelas 42 kilogram putri junior berhasil membawa pulang satu medali emas. Siswa SMPN 3 Banjar ini berhadapan dengan atlet wushu Sumatra Utara, Bangka Belitung dan Jawa Timur sebelum meraih emas.

Dara asal Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar Buleleng ini pun mengaku tidak menyangka berhasil menumbangkan seluruh lawannya. Dalam pertandingan ia hanya bisa berfokus untuk menjadi yang terbaik. Usaha dan kerja kerasnya pun kemudian mendapat apresiasi dari PBWI untuk mengikuti pelatnas dan akan mengikuti kejuaraan dunia di Brasil pada bulan Juli mendatang. Sementara itu Ema Santiawan yang berjuang di kelas 39 kilogram putra junior membawa pulang satu medali perunggu.

Kedua atlet ini baru menekuni wushu sejak enam bulan terakhir. Sebelumnya mereka dilatih sebagai atlet muay thai. Manajer Tim Wushu Buleleng, Gede Sanjaya yang didampingi pelatih Gede Sudarma ditemui di KONI Buleleng menjelaskan keberhasilan atletnya di kancah nasional bukan sebuah kebetulan. “Saat Kejurda Wushu di Tabanan kami berhasil memborong tiga medali emas. Dengan dasar itu kami kirim kembali tiga atlet kami ini ke Kejurnas,” ujar Sanjaya.

Ketua KONI Buleleng, I Nyoman Artha Widnyana mengatakan sejauh ini pihaknya sangat mendukung seluruh atlet untuk berkembang. Untuk Kejurnas Wushu, diikuti oleh 7 atlet Buleleng, 4 atlet senior dan 3 atlet junior. Keberadaan cabor Wushu di Buleleng yang baru berkembang dua tahun lalu menunjukkan prestasi yang sangat membanggakan dengan mampu berbicara di kancah nasional.

“Kami apresiasi luar biasa pengkab hadirkan medali dengan hasil pembinaan sendiri. Meski kemarin hampir tidak berangkat karena masalah pendanaan, KONI akan dorong terus dan memberikan kesempatan pada atlet mengikuti berbagai event untuk menempa diri,” kata Artha. (Wiwin Meliana)

 

To Top