Edukasi

Sosialisasikan Taat Lalu Lintas Sejak Dini

Patuh berlalu lintas memang harus diterapkan sejak dini agar anak-anak sadar dengan tertib berlalu lintas. Banyaknya pelanggaran berkendara diakibatkan kurangnya kesadara masyarakat akan keselamatan diri. Maka dari itu, Polres Buleleng dalam hal ini Satuan Lalu Lintas, menggelar sosialisasi dalam rangka pelaksanaan Operasi Keselamatan Agung 2018. Menggandeng anggota Sat Binmas Polres Buleleng dan bersinergi dengan Dinas Perhubungan, sosialisasi ini menyasar masyarakat secara umum dan juga anak-anak.

Dipimpin oleh AKP Tassudin kegiatan yang digelar pada Minggu (11/03) ini diisi dengan pemberian himbauan kepada masyarakat kota Singaraja untuk selalu mentaati peraturan berlalu lintas dan menyosialisasikan tujuh target operasi yang disasar pada Operasi Keselamatan Agung 2018 ini. Yang mana tujuh pelanggaran tersebut bersifat fatalitas yang sangat membahayakan bagi masyarakat pengguna jalan. Tujuh pelanggaran tersebut di antaranya  melanggar rambu lalu lintas atau melawan arus, berkendara dalam keadaan mabuk, bermain handphone saat berkendara, tidak menggunakan safety belt, pengendara dibawah umur, melanggar batas kecepatan (ngebut),  serta tidak menggunakan helm yang mana di dalamnya termasuk penggunaan helm namun tidak di ” klik”.

Selain menggelar sosialisasi, Sat Lantas Polres Buleleng juga menunjukkan rasa simpatinya kepada masyarakat Buleleng dengan menyelenggarakan pembagian helm gratis kepada anak- anak dibawah umur yang ada di Taman Kota Singaraja. Sebanyak 50 unit helm dibagikan kepada anak-anak dengan harapan masayarakat sadar akan tertib berlalu lintas sejak dini. Bahkan di tengah-tengah kegiatan Car Free Day, dengan dibantu oleh Iptu Kendrawati pihaknya memberikan himbauan menggunakan alat-alat peraga berupa papan himbauan serta spanduk. Untuk menarik minat masyarakat, kegiatan sosialisasi juga dimeriahkan oleh badut polisi agar anak-anak tertarik untuk mendengarkan sosialisasi. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin kedekatan masyarakat dengan petugas kepolisian guna menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Singaraja.

Kasat Lantas Polres Buleleng seizin Kapolres Buleleng AKP Adi Sulistyo menjelaskan bahwa kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 Wita hingga 09.00 Wita tersebut berlangsung secara kondusif. Pihaknya berharap dapat kembali menggelar kegiatan preventif untuk menghimbau masyarakat dalam tertib dan patuh berlalu lintas. “Kami berharap dengan diadakan kegiatan ini masyarakat Buleleng bisa menjadi semakin taat aturan terutama dijalan raya. Sehinggat terciptanya situasi dan kondisi Kota Singaraja yang kondusif serta meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Buleleng ini” tandasnya. (Wiwin Meliana)

 

To Top