Sosialita

Cok Istri Mirah, S.E. :  Ode-nant memang Beda

Fashion show produk Ode-nant oleh para koordinator

Tak banyak perusahaan yang bersedia membagi sebagian keuntungannya dengan yang lain. Namun hal inilah yang justru dilakukan Ode-nant Textile. Keuntungan dikembalikan lagi kepada member melalui diskon, komisi, reward, dan beberapa acara, seperti assembly yang diisi dengan pelatihan-pelatihan, pengenalan produk, yang dilaksanakan setiap bulan.

Ini sesuai dengan visi Ode-nant, menjadi suatu perusahaan yang bisa memberikan peluang kepada member atau koordinator yang bergabung untuk memperoleh penghasilan yang setinggi-tingginya, dengan risiko yang sangat minimal, selalu mengindahkan etika bisnis, serta penuh kasih sayang. “Jadi, jika ada member atau koordinator yang tidak ramah, bilang sama Bu Cok ya,” ujar Cok Istri Mirah, S.E. sembari bercanda di depan undangan yang hadir pada acara “Semarak Odenant 2018” di Hotel Nikki Denpasar, Minggu (11/2).

Untuk mencapai visi tersebut, owner Ode-nant Textile  ini mengatakan Ode-nant memiliki misi melakukan inovasi dalam hal sistem, produk, dan SDM. Ini pula yang membuat Ode-nant berbeda dengan toko lainnya. “Ode-nant memakai sistem setengah retail dan setengah direct selling (berbagi keuntungan). Sistem penjualan produk di Ode-nant melalui koordinator dan member,” jelas Cok Mirah—sapaan akrabnya.

Ode-nant yang tahun ini memasuki usia kelima semakin berkembang, dan kini sudah memiliki empat toko. Yakni Ode-nant di Jalan Kenyeri, Ode-nant Tabanan, Pratitiwi-Renon, dan toko terbaru Ode-nant EKP di Tohpati Denpasar. “Di Ode-nant EKP ini, member bisa berbelanja online. Sebagian besar orang mengalami keterbatasan waktu untuk berbelanja di toko dan biaya yang cenderung lebih mahal bila dihitung dengan biaya perjalanan. Ode-nant EKP adalah salah satu kemudahan dalam hal pelayanan yang diberikan oleh Ode-nant kepada para membernya yang ingin berbelanja secara online. Pembelian eceran dan grosir secara online hanya akan dilayani di Ode-nant EKP,” jelas Cok Istri Eka Pratiwi, penanggung jawab Ode-nant EKP.

Per 31 Desember 2017, Ode-nant sudah memiliki 4.629 member biasa, dan 293 member reseller. Untuk member, ada member reseller dan member grosir. “Member reseller ini tanpa risiko karena diberikan kemudahan untuk meminjam barang dan hanya membayar untuk barang yang  terjual. Sementara member grosir yang memegang kartu hijau, ada syarat minimal pengambilan,” jelas Cok Mirah. Untuk jumlah koordinator gold 7 orang, koordinator silver 10 orang, koordinator bronze 3 orang, koordinator metal 1 orang, dan koordinator image 15 orang.

Dalam acara “Semarak Ode-nant 2018” yang dihibur artis pop Bali AA Raka Sidan dan Gek Oca ini, diisi dengan penyerahan hadiah untuk 10 orang pertama yang datang  paling awal, pelantikan Sales Coordinator baru, fashion show dari para koordinator, pemberian reward kepadaTop Member Ode-nant 2017 dan Top Sales Coordinator 2017, launching produk baru dan promo produk, serta penyerahan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana Gunung Agung. “Kami salut dengan semangat para koordinator yang berhasil mengumpulkan dana kemanusiaan, yang kemudian diserahkan secara simbolis kepada perwakilan PMI Bali, ” ungkap istri dari Cokorda Gde Agung, S.H. ini.

Penyerahan reward untuk Top Member 2017 dilakukan oleh Cok Mirah dan Cok Gde Agung kepada 3 laki-laki hebat, yakni Gusti Putu Yadnya (Top Member 1), Dewa Nyoman Mudra (Top Member 2), dan I Ketut Sukarta, S.H., (Top Member 3). Sementara untuk Top Koordinator 2017 masih tetap dipegang 3 srikandi yakni Ni Luh Suasti Asih, S.E. (Top Koordinator 1), Gung Puspariani (Top Koordinator 2), dan Tjok Istri Srimas Pemayun, S.H., M.H. (Top Koordinator 3).

“Di Ode-nant, apa pun profesinya, semua bisa sukses, yang penting niat dan semangat untuk jadi wanita mandiri,” ujar Cok Srimas yang adalah PNS dan menjalani bisnis di Ode-nant ini sebagai sumber penghasilan tambahan. Diakuinya, dukungan suami dan anak selama ini menjadikannya lebih leluasa menjalani bisnis di Ode-nant.

Gung Puspa juga mengucapkan terimakasih atas dukungan keluarga besar Ode-nant dan sudah diberikan tanggung jawab sebagai koordinator. “Di Ode-nant, tak hanya mendapatkan penghasIlan tambahan, tapi kami juga bisa banyak mendapat teman dari usia muda sampai lingsir (tua),” ucap Gung Puspa yang diamini Suasti. –ten

 

To Top