Surabaya

Made Sukarta Nyana: Mencoba Peruntungan Tanaman Hias

Taman di dalam rumah menjadi ruang relaksasi tersendiri. Selepas beraktivitas, melihat bunga yang tumbuh mekar berseri atau sejuknya pepohonan menambah semangat baru. Selain itu, dengan dikelilingi banyak tumbuhan mampu menjaga sirkulasi udara tetap segar dan nyaman.

Bagi masyarakat perkotaan seringkali tak ada waktu untuk merawat tanaman karena padatnya kesibukan. Solusinya, pilih tumbuhan gurun seperti kaktus atau tanaman yang minim perawatan seperti anggrek. “Lebih kekinian mempercantik rumah karena kaktus ditanam dalam pot – pot kecil nan indah sebagai ornamen pelengkap interior,” ujar Made Sukarta Nyana, pemilik kios bunga Dea Florist yang berada Pintu Timur Fresh Market Citraland, Surabaya.

Menurut Made, tanaman kaktus dan anggrek paling diminati oleh pembeli karena perawatannya tidak membutuhkan banyak air. Cocok untuk tanaman orang sibuk. “Biasanya ibu-ibu trauma membeli tanaman karena sibuk dan tidak bisa merawat. Di toko saya, biasanya akan saya beri contoh cara merawat misal anggrek agar cepat berbunga, diberi hormon dan dibalut,” imbuh suami dari Komang Armini tersebut.

Made Sukarta menjadi penghobi tanaman sejak tinggal di tanah kelahirannya, Pulau Dewata Bali. Bagi Made merawat tanaman selayaknya merawat diri sendiri. Perlu nutrisi juga makanan yang cukup agar senantiasa tumbuh sehat. Terbukti, semua tanaman hias yang ia jual nampak subur dan cantik. Ada lebih dari 100 macam koleksi yang dipajang. Agronema, anggrek, bambu, patopyllum, jambu, dan aneka buah-buahan. Meskipun berada di kawasan hunian elite, harga yang ditawarkan cukup kompetitif. Terlebih, Dea Florist merupakan kios bunga satu-satunya di perumahan ini.

“Di sini saya lihat tidak ada yang jual tanaman hias, saya optimis untuk membuka usaha ini. Sebab kalau dirawat tidak akan mati dan tidak rugi karena saya hobi,” sambung Made.

Sementara itu, Ahmad Helmi, selaku Koordinator Publikasi Promosi City Management Citraland mengatakan, adanya kios bunga tersebut sesuai tagline Citraland sebagai kawasan Green and Clean. Juga memudahkan warga perumahan dalam menemukan tanaman idaman yang cocok sebagai penghias rumah.

“Dengan adanya kios bunga ini warga kalau mau cari tanaman tidak usah jauh-jauh. Tempat kita juga asri karena ada bunga-bunga hias. Sehingga orang tidak hanya melulu ke pasar, tapi juga ada bunga yang bisa dibawa pulang untuk keindahan rumahnya,” ujar Helmi. (Lely Yuana)

To Top