Kuliner

Tawarkan Konsep Berbeda

kue berkarakter

Usaha rumahan belakangan ini memang sedang banyak digeluti oleh masyarakat. Selain melatih kemandirian, usaha rumahan juga memberi peluang yang cukup menjanjikan bila ditekuni dengan serius. Salah satunya Putu Wahyuni, S.Pd., pembuat cake dari Singaraja. Setelah di PHK oleh tempatnya bekerja, perempuan yang akrab disapa Unik ini sempat merasa bingung dengan nasibnya. Menggantungkan hidup dari pekerjaan yang selama ini ia lakoni ternyata tidak menjamin memberikan kesejahteraan selamanya.

Setelah menganggur, Unik iseng-iseng membuat jajanan di rumah. Dicoba oleh keluarga dan rekannya, ternyata Unik memiliki bakat dibidang memasak khsusunya membuat kue. Sadar akan hobinya, Unik memilih untuk mengikuti pelatihan di Denpasar. Selama belajar, dirinya lebih fokus berlatih membuat kue utamanya cake dan tart. “Saya pergi belajar dan lebih fokuskan di cake dan tart,” jelasnya.

Berbeda dengan cake dan tart pada umumnya, produk dengan nama brand Frista Cake ini memang memiliki beberapa keunggulan. Dibuat dengan bahan-bahan pilihan tanpa pengawet menjadikan cake dan kue Unik selalu menjadi pilihan. Jika untuk mempercantik tampilan kue digunakan krim maka Unik lebih memilih menggunakan Pondan sehingga tidak membuat eneg saat dimakan. “Saya lebih utama bahannya, ini kan home made jadi baha-bahannya memang saya campur sendiri dan khusus untuk mempercantika tampilan kue saya gunakan pondan,” jelasnya.

Di samping itu, usaha yang sejak beberapa tahun digeluti ini memiliki cirri khas tersendiri dari pebisnis kue lainnya. perempuan kelahiran Singaraja 11 Juni 1991 melayani pemesanan kue karakter. Berbagai karakter dari film, kartun, dan super hero pernah ia buat sesuai dengan permintaan pembeli. Bahkan dibandingkan  dengan harga di toko, kue karakter miliknya jauh lebih murah.

Menurut Unik, kue dengan tampilan bunga-bunga sudah biasa dijual di toko kue. Dirinya ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dan jarang ditemui. Ditambahkan ibu dari dua anak ini, bahwa harga kue karakter selama ini memang dilihat dari tingkat kesulitan pembuatannya. Ia menerangkan pembuatan kue karakter memang membutuhkan skill dan ketelitian tingkat tinggi karena sedikit salah akan mempengaruhi tampilan kue. “Ya ga ada kesulitan yang berarti tetapi dalam menggambar butuh ketelitian dan kehati-hatian,” jelasnya.

Selain membuat kue karakter, dirinya juga selalu memanfaatkan momen momen besar untuk membuat terobosan dan inovasi. Setiap momen valentine, Frista cake selalu menawarkan sesuatu yang berbeda dari tahun ke tahun. Meskipun sama-sama menawarkan cup cake akan tetapi setiap tahunnya Unik selalu memiliki konsep  yang berbeda. Tahun 2016 yang lalu, dirinya menawarkan cup cake karakter dengan boneka-bonekanya, sedangkan tahun 2017 dirinya membuat flower cup cake dengan bunga bunga besar yang menghiase cake nya. Untuk tahun ini, Unik mengambil konsep yang berbeda lagi, dengan lebih menonjolkan coklat sehingga menawarkan cup cake dengan berbagai bentuk dan jenis cokelat. Wiwin Meliana

To Top