Edukasi

KECERDASAN KETUA STIKES BULELENG MEMILIH DESA TUA, DESA BULIAN TEMPAT PKL MAHASISWA KEBIDANAN TAHUN 2018

Menuju sebuah kesuksesan pendidikan, peran orang tua dan pemerintah dalam hal ini guru dan lembaga merupakan hal yang sangat penting termasuk peran masyrakat dalam memberikan andil besar untuk sebuah hasil pendidikan yang berkualitas, termasuk kegiatan sebuah praktik kegiatan lapangan ( PKL).

Sebutan Desa tua bagi Desa Bulian Kecamatan Buleleng, sudah pasti beralasan, karena desa tersebut banyak memiliki prasasti dan peninggalan berharga serta sakral termasuk tatanan desanya yang konon pada tahun 1320 sudah memiliki awig – awig desa. Nilai budayanya pun sangat nampak melengkapi pariwisata yang ada di desa Bulian. Kejujuran dan kecerdasan Kepala Desa bulian Bapak Made Pawitra yang merupakan PR dalam menjalankan tugas jabatan periode yang ke 2 yang berahir tahun 2019 telah mampu memasukan tentang sampah di awig –awig desa tersebut guna segera menuju pada Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS) dan memantapkan penyuluhan tentang reproduksi bagi remaja.

Situasi dan kondisi ini dimanfaatkan oleh kecerdasan Ketua STIKES Buleleng Dr.,Ns. I Made Sundayana,S,Kep.,Msi  dan segera merapat mencari informasi dan mohon ijin Kepala Puskesmas Kubutambahan I, Camat Kubutambahan   dan Kepala Dinas Kabupaten Buleleng.

Pembekalan kepada 35 mahasiswa PKL pun dapat di lakukan di auditorium STIKES Buleleng oleh pejabat teras kecamatan Kubutambahan,  Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten Buleleng dan Kepala Desa Bulian dalam kegiatan pandel diskusi sekitar materi PKL dan kondisi situasi masyarakat  Desa Bulian yang dimediasi oleh Ketua STIKES Buleleng, Kamis (4/1). Hal hasil mahasiswa sangat puas dan siap melangkah memasuki kegiatan PKL dari tanggal 8 – 20 januari 2018.

Pembantu Ketua satu STIKES Buleleng Ns., Dewa Ayu Rismayanti S.Kep, M.Kep, M.Si mewakili Ketua  STIKES Buleleng  menyerahkan mahasiswa saat pembukaan PKL mahasiswa Prodi Kebidanan tanggal 8 januari 2018 di Desa Bulian sekaligus memegang tanggung jawab kegiatan tersebut. Dihadapan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Camat Kubutambahan Kepala Puskesmas Kubutambahan I, Perbekel Desa Bulian lengkap dengan kelian Dusunnya, Kaprodi Kebidanan, Dosen, Panitia, kader dan para mahasiswa praktik, dalam kata sambutannya disampaikan, tujuan dari kegiatan PKL ini adalah untuk mengaplikasikan mata kuliah asuhan kebidanan komonitas, dan melakukan praktik langsung kelapangan kususnya di Desa Bulian. Rangkaian kegiatan PKL diawali dengan Pertemuan Tingkat Desa (PTD), Servey Mawas Diri (SMD), Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), Implementasi / penyuluhan, gotong royong dan Pertemuan Tingkat Akhir (PTA). Para mahasiswa di terima langsung oleh camat Kubutambahan dan diteruskan kepada Perbekel Desa Bulian.

Keramahan masyarakat sangat dirasakan oleh  mahasiswa lewat mediasi seacara kekeluargaan dan cerdas para Kepala Dusun di antaranya Dusun Dauh Margi, Dusun Dangin Margi, Dusun Banyu Buah, Dusun Guwug dan Dusun Bantes. Saat Pertemuan Tingkat Akhir (PTA) nampak kegembiraan para mahasiswa karna saat pemaparan hasil akhir kegiatan PKL tersebut sebagai implementasi plening of action ( POA ) di terima masyarakat, terbukti saat penyuluhan masyarakat hadir 90 % dan saat kegiatan cuci tangan mampu dilaksanakan dengan baik di 3 SD di Desa Bulian.

Perbekel Bulian mengatakan saat penutupan dan penyerahan PKL kembali kepada lembaga STIKES Buleleng oleh Camat Kubutambahan  yang di rekam langsung, menyampaikan PKL STIKES Buleleng berjalan dengan baik transparan cerdas dan realita sesuai dengan harapan “Semua ini tidak lepas dari perencanaan yang sangat baik oleh lembaga, mahasiswa sangat disiplin kreatif dalam menggerakan masyarakat dan kami mewakili masyarakat mengucapkan terimakasi dan syukur sekaligus puas terhadap penyelenggaran PKL mahasiswa Kebidanan di Desa Bulian,” tutupnya. (Win)

To Top