Bugar

Tips Mata Sehat

dr. Made Rian Ananta, M.Biomed, Sp.M.

Untuk menjaga mata tetap sehat sebaiknya mengurangi kegiatan melihat dekat. Zaman sekarang dalam kehidupan sehari hari terjadi pergeseran penglihatan dominan dari melihat jauh menjadi lebih banyak melihat dekat. Hal ini dapat terlihat dari kegiatan anak-anak yang dominan dalam ruangan mulai dari belajar di sekolah, ekstrakurikuler, sampai bermain di rumah.

Kegiatan dalam ruangan kecil membatasi mata untuk melihat jauh. Padahal, kata dia,  apabila kita melihat dekat seperti membaca buku atau e-book, menonton televisi, melihat atau bermain gadget, otot dalam bola mata dipaksa untuk bekerja keras melakukan akomodasi (proses merubah bentuk lensa menjadi lebih cembung) untuk memfokuskan bayangan objek agar tepat sampai di makula. Sedangkan jika kita melihat jauh, otot dalam bola mata menjadi lebih rileks karena tidak melakukan fungsi akomodasi.

“Solusi yang dapat diberikan adalah,  agar anak lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan, misalnya seperti bermain di halaman bersama teman-temannya.  Untuk para pekerja yang harus menghabiskan jam kerjanya di depan komputer, sebaiknya dapat beristirahat setiap 2 jam dengan melihat jauh ataupun memejamkan mata, atau dengan membasuh kelopak mata dengan air dingin selama 10-15 menit sebelum melanjutkan aktivitas di depan komputer,” ujar dr. Made Rian Ananta, M.Biomed, Sp.M.

Makanan pada saat ini juga berperan penting pada kesehatan. Ia menganjurkan, pilih makanan sehat dan alami untuk mengurangi terbentuknya zat yang berbahaya bagi tubuh, termasuk mata. “Makanan sehat yang berguna bagi kesehatan mata antara lain sayur-sayuran berwarna hijau dan oranye serta buah-buahan segar. Apabila Anda merasa mendapat gangguan pada mata, segera  menghubungi dokter mata,” ujarnya. (Wirati Astiti)

To Top