Jelita

Sulam Bedak Cantik ala Perempuan Korea

Istilah sulam alis atau sulam bibir sudah beberapa tahun belakangan ini sangat terkenal. Bukan hanya artis, ibu rumah tangga juga tertarik mencobanya. Sulam alis merupakan teknik perawatan kecantikan yang menggunakan jarum dan tinta untuk mewarnai alis, membuatnya tampak seolah lebih tebal dengan hasil semi permanen. Sedangkan sulam bibir, mirip seperti sulam alis hanya saja teknik ini digunakan untuk menyuntikkan warna ke bibir dan membuatnya merah merona.

Kini ada istilah yang terbilang baru namanya sulam bedak. Apakah teknik ini mengadopsi teknik pengerjaan yang sama dengan sulam alis dan bibir? Ataukah sulam wajah hanya sekadar istilah dari perawatan wajah biasa?

Menurut Tutik Ernawati, dari Cantik Salon Bali, sulam bedak  ini memiliki nama asli BB Glow Treatment. Yang membuatnya terdengar lebih menarik, semua itu bisa Anda dapatkan dalam waktu sekitar satu jam saja.

Tutik Ernawati mengatakan, sepintas proses pengerjaan sulam bedak mirip dengan sulam bibir.  Sulam bedak bersifat semi permanen untuk mencerahkan wajah secara merata seperti memakai bedak. Sulam bedak memiliki manfaat untuk menyamarkan hiperpigmentasi kulit, seperti noda hitam, bekas jerawat, dan lainnya.

Sulam wajah tidak menyumbat pori-pori seperti menggunakan alas bedak atau krim BB. Perawatan ini juga tidak menyebabkan rasa sakit, kemerahan, pengelupasan kulit serta masa penyembuhan karena hasilnya bisa langsung terlihat.

Tutik Ernawati  mengatakan, dalam proses pengerjaan, ia melakukan sangat steril. Ia memakaikan penutup kepala yang higienis sambil memperlihatkan jarum yang digunakannya baru dan bersegel tanda belum dibuka. “Kami  wajib menunjukkan kepada konsumen,” kata Tutik.

Sebelum proses sulam bedak, hal wajib yang dilakukan adalah, wajah dibersihkan. Tujuannya, untuk membuat kulit dan pori-pori wajah bersih sempurna. Kulit yang bersih akan membuat produk meresap dengan maksimal nantinya. Setelah proses pengerjaan sulam bedak, wajah juga diberi masker pelembab. “Setelah sulam bedak wajah diberi masker yang berfungsi untuk merelaksasi kulit. Rasa dingin dan nyaman segera menjalar sesaat setelah lembaran masker ditempel ke seluruh wajah,” kata Tutik.

Menurut Tutik, setelah proses selesai, perbedaan pada kulit bisa segera terlihat. Misalnya saja noda bekas jerawat dan noda hitam yang tersamar juga warna kulit yang lebih merata. Setelah seluruh sisa-sisa serum dibersihkan dari wajah, barulah hasil pengerjaan dapat terlihat jelas.

Jika ingin hasil paripurna, kata dia, perawatan tak cukup hanya satu kali. Pasalnya, efek dari perawatan ini akan bisa memudar. Setelah itu Anda bisa mengulangi prosesnya setiap dua pekan hingga satu bulan sekali. “Lakukan lima hingga enam kali untuk mendapatkan kulit bersih, cerah, dan berkilau agar bisa tampil cantik ala perempuan Korea,” sarannya. (Wirati Astiti)

To Top