Jelita

Tips Bersihkan Alat Make Up

Tahukah Anda, menjaga kebersihan peralatan make up sama pentingnya dengan menjaga kebersihan kulit Anda sendiri.  Bayangkan saja, peralatan make up yang sudah dipakai lama dan tidak pernah dibersihkan akan penuh dengan kotoran yang berasal dari sisa-sisa make up Anda, keringat, atau debu. Jika kotoran itu terus menempel pada  peralatan make up  Anda, maka kotoran dari alat-alat tersebut akan pindah juga ke kulit Anda menyebabkan jerawat dan  gatal-gatal.

Bagaimana tips membersihkan alat make up dari Nyoman Ayu dari Salon Ayu.

  1. Gunakan facial foam atau sabun wajah, dengan alasan kelembutannya. Jika bahan ini lembut untuk wajah, tentunya juga aman untuk peralatan make up.
  2. Untuk membersihkan peralatan yang berupa kuas-kuas dan sikat, basahi peralatan tersebut dengan kucuran air hangat yang mengalir, jangan sampai direndam, karena kotoran yang menempel tidak akan hilang jika hanya direndam, dan bulu kuas juga akan mudah rontok. Dengan pembersihan di bawah kucuran air, kotoran akan ikut hilang bersama aliran air. Pegang bagian gagangnya dan pastikan hanya bulu kuas yang terkena air, karena biasanya jika gagang kuas yang terbuat dari logam terkena air, maka akan terjadi karatan.
  3. Untuk peralatan make up yang berupa sponge, basahilah keseluruhan bagiannya dan berikan pembersih sehingga jika Anda menekan-nekannya maka akan keluar busanya.
  4. Setelah bersih, bilaslah dengan air bersih yang yang mengalir. Setelah itu, letakkan peralatan tersebut dan biarkan kering secara alami. Jangan gunakan dalam keadaan masih basah, peralatan akan menjadi bau.
  5. Peralatan make up sebaiknya diberikan perawatan minimal satu bulan sekali. Tetapi jika peralatan itu sangat sering digunakan, maka harus lebih sering lagi frekuensi perawatannya. (Wirati Astiti)
To Top