Kuliner

Aneka Kudapan di Musim Hujan

dimsum dan canai

Musim hujan membuat orang memilih  beraktivitas di dalam ruangan. Salah satunya dengan menikmati kuliner. Minuman hangat mulai dari kopi, teh, hingga susu jadi pilihan tepat saat cuaca dingin. Jangan biarkan minuman itu sendirian. Berikut ini aneka kudapan yang bisa dinikmati saat musim hujan.

 

Roti Canai

Roti ini sangat dikenal masyarakat India. Bentuknya pipih karena dibuat dengan cara diputar hingga tipis kemudian dilipat dan dipanggang. Ada juga memasaknya dengan menebarkan adonan setipis mungkin di atas pemanggangan.

Roti canai juga dikenal dengan nama roti prata. Roti ini makin nikmat dengan saus kari. Paduan rempah-rempah dengan aroma menyengat ini akan membuat makan kudapan jadi semangat. Kini banyak tersedia rumah makan maupun warung yang menyediakan menu roti canai, salah satunya Warung 63 di Jalan Veteran, Denpasar.

 

Martabak

Kudapan yang satu ini awalnya banyak ditemukan di Arab Saudi. Kini pedagang martabak bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia termasuk Bali. Martabak ada dua jenis, martabak telur/asin yang terbuat dari campuran daging dan telur serta martabak manis (terang bulan) yang berbahan coklat dan kacang.

Warung 63 menjadikan martabak sebagai kudapan andalan. Campuran sayur dan telur ini dibungkus dengan adonan tepung. Cara koki memainkan adonan kerap menjadi atraksi menarik. Adonan yang lebar ini kemudian dimasukkan campuran sayur dan telur lalu dibungkus seperti melipat kertas. Selanjutnya kudapan dibolak-balik di atas minyak panas. Martabak sangat nikmat disertai dengan acar ataupun saus kari.

 

Serabi

Ini merupakan kudapan khas Indonesia yang banyak ditemukan di Jawa. Ada yang menyebut serabi dan ada soerabi. Serabi yang biasanya dimasak dengan topping gula merah cair kini sudah mengalami inovasi. Serabi bisa dipadukan dengan topping mesis, keju, fla berbagai rasa, dan saus pedas.

Dulu serabi hanya dijual di pasar tradisional. Kini generasi “zaman now” bisa menikmati serabi di kafe-kafe, di antaranya Soerabi Nyonya di Jalan Buluh Indah, Denpasar. Ada pilihan aneka serabi manis, serabi asin, hingga serabi premium. Mau serabi polos juga ada.

 

Dimsum

Dimsum merupakan makanan khas Tionghoa. Biasanya dimsum dijadikan kudapan sebelum menu utama. Ciri khas dimsum adalah tempatnya berupa anyaman bambu. Satu porsi biasanya berisi tiga hingga empat kudapan.

Aneka dimsum yang bisa dinikmati bersama teh panas di antaranya siomay, hakau, xiao long bao, ceker ayam, bak pao, dan spring roll. Dimsum Manan di Jalan Buluh Indah, Denpasar merupakan salah satu lokasi untuk menikmati kudapan hangat ini.

To Top