Kreasi

Ayu Saraswati: Alunan Hati “Siwa Ratri”

ayu saraswati

Perempuan yang satu ini multitalenta. Ia dikenal sebagai penyanyi, MC, dalang, wanita karier, dan ibu. Ia adalah Ayu Saraswati. Di awal tahun 2018, Ayu menghadirkan single terbarunya berjudul “Siwa Ratri”. Peluncuran single ini disesuaikan dengan momen Siwa Ratri yang jatuh pada Senin (15/1).

Ayu menuturkan proses kreatif lagu mulai ketika ia didatangi temannya. “Ada teman saya namanya Astra datang ke rumah memperdengarkan lagu ciptaannya. Lagu ini sudah isi musik. Saya bilang lagunya bagus. Ternyata dia minta saya yang nyanyi. Saya mau asalkan boleh mengubah musik dan beberapa liriknya. Astra oke,” ungkapnya.

Penyanyi yang memiliki nama lengkap Ni Wayan Ayu Yuliani ini lalu menghubungi Dek Artha sebagai arranger. Setelah musiknya jadi, Ayu langsung take vocal. “Take vocal pukul 21.00 setelah saya selesai rapat di Buleleng. Setelah jadi, saya merasa ada yang kurang. Perlu ada suara sesendon sebagai sentuhan relijius karena lagu ini nuansanya relijius. Saya minta tolong Bli Anom Ranuara dari Batanbuah Kesiman untuk dibuatkan kata-kata yang pas,” ujar Operational Manager Krishna Holding Company ini.

Setelah mendapatkan kata-kata, Ayu mencari orang yang pas untuk melantunkannya. “Saya cari Mbok Nik Suasti untuk melantunkan sesendon dan palawakya. Perlu perjuangan juga untuk menemukan Mbok Nik karena saya kehilangan nomor ponselnya dan tidak tahu rumahnya.  Akhirnya kami bisa ketemu dan membahas lagu ini. Mbok Nik setuju untuk mengisi suara dan kami pun take vocal hingga jadilah single ini,” ujar Ayu.

Peraih penghargaan Gita Denpost Award dan Bali Music Award ini berharap lagu “Siwa Ratri” bisa diterima masyarakat Bali khususnya umat Hindu sebagai peneman saat melaksanakan Siwa Ratri. Ia pun memohon semoga lagu ini mendapat berkah dari Dewa Siwa di malam Siwa Ratri. Lagu ini merupakan alunan hati untuk Dewa Siwa, mohon pengampunan, agar alam semesta mendapat kedamaian.

Ayu Saraswati mengawali kariernya sebagai penyiar radio Swara Widya Besakih di Karangasem hingga pindah ke beberapa radio lain. Dari dunia radio, ia masuk ke dunia tarik suara. Lagu “Megantung tanpa Cantel” merupakan lagu perdana perempuan kelahiran 27 Mei 1979 ini. Untuk album solo pertamanya berjudul “Sing Bani Mati”.

Lagu-lagu Ayu Saraswati yang sudah akrab di telinga penggemar lagu Bali, diantaranya “Duka Lara” dan “Mebunga-bunga”. Ibu dari Sathya Saskara ini juga kerap duet dengan Eka Jaya dan Raka Sidan. (Ngurah Budi)

To Top