Bugar

Empat Asana Sehat untuk Perempuan

Tak punya waktu melakukan olahraga di luar, Anda bisa  melakukannya di rumah. Ada beberapa gerakan asana yoga yang sangat baik untuk kesehatan perempuan.

Anda bisa memulai dengan tahap pelan-pelan dan melakukan sesuai kemampuan. Dengan kerutinan berlatih, mulailah tingkatkan gerakan menjadi sempurna dan lakukan  delapan  kali tiap gerakan.

Ibu Kirana, seorang guru yoga  Ananda Marga  yang berusia 67 tahun berbagi tips sehat melakukan gerakan asana yoga.   Ada empat gerakan dasar yang bisa dilakukan. Walaupun hanya empat, gerakan ini sangat bermanfaat  dan membuat para perempuan menjadi  sehat dan enerjik.

Ia menekankan, lakukan gerakan yang aman dan nyaman, artinya, ketika tubuh Anda merasakan sakit, saat melakukan gerakan, jangan dipaksa.  Anda bisa mencoba lagi berikutnya.   Ia juga mengingatkan, jangan lupa lakukan tarik napas dan hembuskan napas lewat hidung saat melakukan gerakan. Tujuannya, agar gerakan tersebut juga memberi manfaat bagi organ pernapasan dan jantung.

Kirana juga menegaskan, untuk sehat secara fisik dan psikis, sebaiknya lakukan pola makan yang sehat, istirahat cukup, tidak stress, dan ada tiga kunci motivasi untuk tahun 2018 yang disebutkannya. “Lakukan kejujuran,  jadilah volunteer, dan jadikan penderitaan sebagai aset kekayaan,” ujar perempuan yang sangat bersemangat di usia senjanya ini. (Wirati Astiti)

 

  1. Yoga Mudra

Asana ini dilakukan dengan cara duduk bersila kemudian kedua tangan dikaitkan di belakang punggung.  Kemudian pelan-pelan turunkan kepala sampai menyentuh lantai. Saat kepala turun hembuskan napas lewat hidung saat menaikkan kepala tarik napas lewat hidung. Lakukan sampai 8 kali.  Manfaat asana ini sangat bagus untuk pencernaan  dan perut.

  1. Bhujangasana

Merupakan satu gerakan yoga untuk mengecilkan perut sekaligus menguatkan tulang belakang. Bagi mereka  yang memiliki masalah pada punggung latihan ini bisa menjadi terapi untuk mengurangi sakit pada tulang belakang.  Bhujangasana sering disebut dengan cobra pose karena gerakannya mirip ular cobra.

Posisi tengkurap, letakkan tangan di matras tepat di bawah  bahu atau bisa juga sedikit lebih ke depan tergantung kelenturan tulang punggung.  Lalu angkat atas tubuh Anda dengan kekuatan otot punggung. Lakukan gerakan tersebut sehingga kepala terangkat ke atas.

Manfaat membuka punggung, dada, bahu, tulang belakang, dan bagian perut, memperkuat punggung dan memberi energi  dan dianggap dapat merangsang fungsi organ bagian perut dan meredakan stress.

  1. Dirgapranam

Duduk bersimpuh  tangan ke atas sambil tarik napas, dan keluarkan napas saat menurunkan kepala dan tangan. Usahakan kedua tangan  menempel pada sisi telinga saat tangan diturunkan.   Manfaat menguatkan bagian dalam organ prempuan, baik untuk yang sering sakit saat menstruasi.

  1. Buterflly pose atau pose kupu-kupu

Pose ini gerakan yoga bermanfaat dalam membakar lemak ada perut, paha, dan juga kaki. Jika Anda ingin mempunyai kaki ramping  posisi ini menjadi  suatu cara yang tepat untuk mendapatkan hal itu. Caranya duduk bersila dengan telapak kaki kanan dan kiri disatukan. Peganglah dengan kedua tangan Anda serta duduk dengan dengan posisi tegak lurus.  Kemudian pelan-pelan, turunkan badan sampai menyentuh lantai.

Manfaat asana ini sangat bagus untuk organ pencernaan dan organ dalam perempuan.  (Wirati Astiti)

 

 

To Top