Buleleng

Tahun 2019, Buleleng Target Raih Predikat Kota Pusaka

Putu Tastra Wijaya

Begitu banyak sejarah-sejarah penting yang pernah terjadi di Nusantara yang tetap bisa diyakini dan dipercaya melalui sebuah buku catatan sejarah maupun situs-situs peninggalan sejarah. Tentu, upaya ini dilakukan untuk tetap mengenalkan dan mendekatkan peristiwa sejarah serta perjuangan pahlawan kepada generasi muda.

Buleleng menjadi salah satu wilayah yang menyimpan banyak perjalanan sejarah penting di Indonesia. Berbagai tempat bersejarah, budaya, dan warisan tak benda masih terus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakatnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Putu Tastra Wijaya mengatakan Buleleng memiliki berbagai aset sejarah yang hingga kini masih tetap dijaga. Bahkan pemerintah pun begitu komitmen untuk melestarikan berbagai aset sejarah yang ada. Bahkan Pemkab Buleleng telah menggagas salah satu wilayah yang menjadi rekam jejak perjalanan cinta presiden Indonesia pertama dengan Nyoman Rai Srimben menjadi kawasan Promosi Sukarno Heritage dan akan dipromosikan menjadi cagar budaya dan pariwisata Buleleng. Hal ini juga sebagai salah satu upaya Pemkab untuk mendekatkan sejarah kepada masyarakat utamanya masyarakat Buleleng.

Tidak hanya itu, Tastra juga mengatakan tengah mempersiapkan proses pembangun museum Sunda Kecil yang berada di Eks. Pelabuhan Buleleng pada tahun 2018. Museum Sunda Kecil akan menyimpan   benda-benda yang lebih spesifik. Tidak hanya benda, bahkan gambar-gambar, buku serta cerita  tentang Buleleng yang pernah menjadi pusat pemerintahan di Bali juga turut menjadi koleksinya.

Dari berbagai upaya untuk tetap pelestarian tersebut, maka pihaknya menargetkan tahun 2019 Buleleng masuk kategori Kota Pusaka Dunia. Lebih jauh Tastra mengungkapkan untuk dapat masuk sebagai Kota Pusaka tentu harus dipersiapkan dengan segala hal yang matang. “Di Bali sudah ada beberapa daerah yang masuk sebagai Kota Pusaka. Tahun ini kita akan fokuskan dalam pembangunan museum dulu tahun 2019 baru kita akan fokus ke Kota Pusaka,” jelasnya.

Untuk dipahami Kota Pusaka adalah kota yang didalamnya terdapat kawasan cagar budaya dan atau bangunan cagar budaya yang memiliki nilai-nilai penting bagi kota, menempatkan penerapan kegiatan penataan dan pelestarian pusaka sebagai strategi utama pengembangan kotanya.

Tastra menambahkan untuk meraih predikat sebagai kota pusaka warisan dunia tersebut, setidaknya harus memenuhi tiga atribut yang meliputi, bangunan tua, pusaka alam yang unik dan indah serta nilai-nilai budaya yang menjadi karakter kuat bagi sebuah kawasan yang diusulkan. (Wiwin Meliana)

To Top