Kuliner

Lomba Masak dan Pidato Bahasa Inggris di PIB

Politeknik Internasional Bali (PIB) menyelenggarakan kompetisi memasak dan lomba pidato bahasa Inggris, Sabtu (13/1) di kampus PIB, Jalan pantai Nyanyi, Tabanan. Lomba yang diikuti 40 peserta dari siswa SMA dan SMK se-Bali ini  mengambil tema, “Rising from Disaster” untuk pidato bahasa Inggris, dan “Traditional food” untuk lomba masak.

Direktur Utama Politeknik Internasional Bali (PIB) Prof. Dr. Anastasia Sulistyawati M.S.,  mengatakan kegiatan lomba tersebut sebagai wujud nyata dari mata kuliah “Tourism Preneurship”.      Ia mengatakan selain ada lomba pidato bahasa Inggris dan masak, ada juga kegiatan bazaar,  penampilan bartender dan stand up comedy.  “Kegiatan ini kami harapkan semakin mendorong mahasiswa untuk lebih mengasah kemampuan pratikalnya. Hal ini tidak terlepas dari tujuan PIB yakni menjaid institusi yang kana melahirkan lulusan berkualitas dengan spriti entrepreneur di dalamnya,” ujar Prof. Sulistyawati.   Ia menambahkan, tujuan awal mendirikan kampus PIB ini, dapat melahirkan para wirausaha muda (enterpreneurship), ketika mereka lulus dari kampus mereka siap membuka usaha.

Hal senada juga dikatakan Dosen dan Konsultan Pendidikan Kewirausahaan PIB, Inge Gunawan MSi, bahwa di mata kuliah “Tourism Preneurship” para mahasiswa semester pertama sejak mulai mengikuti kuliah sudah mendapatkan praktek di lapangan. Termasuk juga strategi mencari peserta lomba, sponsor, vendor bazar hingga juri perlombaan.  “Jadi mahasiswa kami lebih banyak praktek dibanding dengan teori. Dengan langkah tersebut mahasiswa dididik untuk melahirkan lulusan berkualitas dan siap membuka usaha maupun bekerja,” katanya.

Ketua panitia event dan kompetisi, Rangga Dewanta mengatakan, acara ini merupakan satu bentuk dukungan  membangkitkan pariwisata Bali akibat erupsi Gunung Agung. “Kegiatan ini murni dilaksanakan mahasiswa semester I PIB dari program studi Culinary Art & Business ( D3), Hospitality Business ( D3), Hotel Business Management ( D4) dan Convention and Event Business management ( D4). Sementara dosen bertindak sebagai mendtor dan fasilitator. Dengan pembelajaran berbasis project ini diharapkan para mahasiswa  PIB  bisa mengenal dunia riil sejak bangku kuliah,” kata Rangga Dewanta.

Untuk dewan  juri  dipilih yang sudah berpengalaman yakni, juri lomba pidato, I Ketut Muliarta dari Dinas Pariwisata Tabanan dan AA Ketut Sri Candrawati dosen bahasa Inggris PIB. Sementara, juri lomba masak Chef I Wayan Wicaya yang juga juara I World Chef di Chili,  dan  I Gst  Ayu Ari Agustini  seorang pengusaha resto.  (Wirati Astiti)

To Top