Inspirasi

Wayan Yogik dan Dwi Suardana: Inovatif Lestarikan Budaya

Yogik dan Dwi

Bersamaan dengan acara “Ngiring Melajah Gita Aksara” di Wantilan Bali TV Minggu, 24 Desember 2017, telah diluncurkan CD Pembelajaran Aksara Bali berbasis Video Animasi. Salah seorang pembuatnya yakni  Wayan Yogik Aditya  memberikan dua buah CD kepada Ketua WHDI Provinsi Bali Ny. Bintang  Puspayoga.

CD Media Pembelajaran Aksara Bali berbasis Video Animasi, merupakan  media pembelajaran inovatif yang terdiri dari 12 Volume CD Pembelajaran.

Dihadirkannya CD pembelajaran ini bertujuan untuk membantu anak-anak, orangtua, juga para guru dalam proses belajar maupun mengajar aksara Bali termasuk juga untuk masyarakat luas yang ingin mengenal juga belajar aksara Bali. Apalagi CD ini juga dikemas menggunakan video animasi yang memang disukai  oleh anak-anak serta dilengkapi pula dengan latihan soal beserta kunci jawabannya.

Menurut Yogik, motivasi awal pembuatannya, adalah ketika ia melihat masyarakat sekitar tempat tinggalnya, hanya sedikit yang paham tentang aksara Bali. Masih sangat banyak anak-anak sekolah yang tidak paham menulis aksara Bali dengan baik. Begitu juga dengan banyaknya tulisan Bali di masyarakat yang tidak sesuai pasang pageh. “ Melihat kondisi ini maka timbul ide untuk mengemas media pembelajaran agar lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Maka dibuatlah CD Pembelajaran Aksara Bali berbasis video animasi ini untuk memudahkan masyarakat belajar Aksara Bali sebagai warisan budaya Bali yang adi luhung,” tutur pemilik nama lengkap Wayan Yogik Aditya Urdhahana, S.S., M.Pd..H., salah seorang Penyuluh Bahasa Bali Kota Denpasar ini.

CD Pembelajaran yang sudah siap diedarkan  saat ini adalah CD Pembelajaran Vol 1 dan Vol 2.  Sedangkan CD Vol 3 sampai Vol 12 masih dalam proses pembuatan. Namun, isi dari 12 CD Pembelajaran tersebut sudah siap dan pada semua CD sudah disertakan latihan soal disertai dengan kunci jawabannya.

Adapun isi dari setiap CD adalah : CD pembelajaran Vol 1. Pengenalan Dasar Aksara Bali isinya tentang pengenalan dasar aksara Bali khususnya aksara Wreastra yang berjumlah 18. Dalam CD pembelajaran ini cara penulisan aksara tersebut dikemas dengan menarik dan dilengkapi  cara menulis kata sederhana, pengenalan pengangge suara; Vol 2. Mahir Menggunakan Pengangge Suara isinya tentang cara menulis dan menggunakan pengangge suara yang terdiri dari 5 pengangge suara; Vol 3. Mahir Menggunakan Pengangge Tengenan isinya tentang cara menulis dan menggunakan pengangge tengenan, aturan penulisannya; Vol 4. Mahir Menggunakan Gantungan dan Gempelan isinya tentang cara menulis dan menggunakan gantungan dan gempelan; Vol 5. Mahir Menulis Aksara Ardasuara isinya tentang cara menulis dan menggunakan aksara ardasuara, pengangge ardasuara, aturan penulisannya ; Vol 6. Mahir Menulis Rangkepan Wianjana isinya tentang cara menulis dan menggunakan Rangkepan Wianjana, aturan penulisannya ; Vol 7. Mahir Menulis Kruna Lingga Tigang Kecap dan Dwita isinya tentang cara menulis kruna Lingga Tigang Kecap dan Dwita, aturan penulisannya, contoh kata; Vol 8. Mahir Menulis Kruna Tiron  dan Kruna Dwi Purwa Lingga menggunakan aksara Bali isinya tentang cara menulis Kruna Tiron dan Kruna  Dwi Purwa Lingga, aturan penulisannya, contoh kata; Vol 9. Mahir Menulis Ringkesan/singkatan isinya tentang cara menulis ringkesan/singkatan Tradisional, Ringkesan Modern dan Akronim, aturan penulisannya, contoh kata; Vol 10. Tata Cara Menulis Angka isinya tentang cara menulis angka baik itu pada kata dan  kalimat, aturan penulisannya, contoh kata ; Vol 11. Mahir Menulis Ceciren Pepaosan isinya tentang cara menulis Carik Siki, Carik Kalih, Pasalin, Panti, Pamada, Carik Agung/ Pasalin, Carik Pamungkah, aturan penulisannya, contoh kata; dan Vol 12. Pasang Pageh isinya tentang cara menulis Pasang Pageh, aturan menulis, contoh kata.

Yogik selanjutnya menyampaikan bahwa CD Pembelajaran tersebut bisa terwujud karena pengerjaaanya  dilakukan oleh tim kecil , yang terdiri dari 2 orang, dirinya dan dibantu seorang mahasiswa IT. Dirinya menggarap tataran ide dan materi sedangkan  pembuatan video animasi agar pembelajaran bisa lebih menarik dibuat oleh I Kadek Dwi Suardana seorang mahasiswa IT lulusan  SMK TI di Karangasem dan kini tercatat sebagai mahasiswa di STIMIK STIKOM Bali.

“Proses pembuatan dari CD Pembelajaran ini dimulai membuat materi yang akan dimuat dalam CD Pembelajaran, alur skenario pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan video animasi. Hambatan dalam pembuatannya  adalah dalam hal mencari tampilan video yang ideal, skenario pembelajaran agar menarik. Untuk menangani hambatan ini kami membaca beberapa buku dan melihat pengalaman mengajar selama ini. Ke depannya masih akan ada  hambatan  dari segi produksi produk yang memerlukan biaya,” paparnya. (Sri Ardhini)

 

Menerjemahkan Lontar

Wayan Yogik yang sehari-harinya sebagai penyuluh bahasa Bali yang bertugas di desa Sidakarya Denpasar juga mengajarkan bahasa Bali di sekolah dan di banjar seputaran desa Sidakarya ini berharap dengan dibuatnya CD pembelajaran ini akan lebih memudahkan, juga bisa menarik minat generasi muda untuk mempelajari aksara Bali sebagai warisan budaya Bali yang adi luhung. Sedangkan bagi para guru atau pengajar agar dapat lebih mudah mencari media pembelajaran untuk mengajar, sehingga  proses pembelajaran bisa lebih menarik.

Selanjutnya Wayan Yogik, yang juga pelatih wushu di UKM Unud serta berkegiatan membantu masyarakat mengalih aksara dan menerjemahkan lontar, merawat lontar di masyarakat ini, mengaku akan  melakukan berbagai kegiatan di bidang bahasa Bali sesuai tupoksinya sebagai Penyuluh Bahasa Bali.

Ia juga telah membuat terobosan inovatif  berupa ‘program penjurian aksara Bali online berbasis web’. Program penjurian ini, katanya telah diigunakan di beberapa perlombaan di Kota Denpasar.  Sedangkan Dwi Suardana telah beberpa kali menjuarai lomba Animasi dan membuat beberapa karya video animasi tentang budaya Bali yang telah di unggah ke YouTube. (Sri Ardhini)

To Top