Inspirasi

Marshanda: Luangkan Waktu untuk Anak

Sempat menyatakan vakum dari dunia hiburan akhirnya Andriani Marshanda kembali lagi ke dunia yang telah membesarkan namanya. Dia mengaku kangen dan kini saatnya untuk come back. Anehnya, dari sekian tawaran yang masuk Chacha begitu namanya akrab disapa, justru memilih film genre horor. Padahal dia mengaku penakut.

“Iya aku memang penakut, tapi waktu dapat tawaran main film horor merasa tertantang ingin mencoba. Aku sudah baca ceritanya, menarik banget, malah baru baca ceritanya saja bulu kuduk sudah merinding..hhiihhh. Aku sih berharap setelah main film horor jadi nggak penakut lagi,” kata ibu satu anak ini yang meski penakut tapi suka menonton film-film horor.

“Aneh juga ya, takut tapi tetap nonton flm horor. Biasanya tuh kalau habis nonton, bisa dua minggu ketakutan hahahah,” tambah Chacha di kawasan Mampang, Jakarta.

Menurut Chacha, karena sudah lama tidak berakting di layar lebar dirinya sempat merasa grogi juga. Untuk mengatasinya, ia banyak sharing dengan sesama pemain juga sutradara dan acting coach. “Maklum sudah lama nggak akting jadi ada rasa nggak ‘PD’. Tapi aku tetap mau belajar dan memahami kekurangan-kekurangan aku, makanya perlu banyak sharing. Dengan begitu aku bisa tune in,” ujar Chacha yang filmnya direncanakan akan tayang Maret 2018 mendatang.

Selain film, Chacha juga mempersiapkan diri untuk tampil di sinetron stripping. Itu artinya dia kini menjadi amat sibut dan waktunya bersama dengan anak semata wayangnya, Shienna akan berkurang. “Sekarang aku sudah mulai sibuk lagi, tapi karena Sienna sudah agak besar jadi sudah bisa menerima, tidak terlalu rewel lagi,” tambahnya. Meski sangat sibuk akhir akhir ini, dia tetap meluangkan waktu untuk bisa bersama Shienna.

“Jadi aku tetap menyisihkan waktu untuk main bersama atau melakukan hal-hal yang menyenangkan dengan Shienna,” ujar Chacha yang namanya berkibar setelah membintangi sinetron ‘Bidadari’.

Sebagaimana diketahui Marshanda mulai merintis kariernya di dunia hiburan sejak masih kecil. Dia memulai kiprahnya sejak kelas 1 SD dengan membintangi iklan sebuah bank swasta, kemudian dia mendapat tawaran bintang iklan berbagai macam produk. Bukan hanya berakting di iklan, tapi Marshanda cilik juga punya talenta suara yang merdu. Papa T Bob, pencipta lagu anak-anak terkenal pada masa itu langsung menawarinya untuk rekaman lagu anak. Maka meluncurlan lagu ‘Gantungkan Cita Cita’ yang ikut meramaikan industri lagu anak Indonesia.

Wajah cantik dan tampilan mengembaskan serta talenta yang dimiliki membuat anak sulung pasangan Irwan Yusuf-Riyanti Sofyan, dengan mudah memasuki dunia akting. Dia sempat tampil dalam sinetron terkenal ‘Jinny Oh Jinny’, namun namanya baru benar-benar melejit ketika ia tampil di sinetron ‘Bidadari’. Sejak itu, Chacha pun eksis di dunia hiburan. Beberapa kali tampil di layar lebar, namun yang terbanyak adalah kiprahnya di sinetron dan FTV.

Tapi ketika ia menikah dengan Ben Kasyafani  pada 2011, Chacha pun memutuskan mengundurkan diri dan fokus pada kehidupan keluarganya. Perlahan namanya tenggelam, dan akhirnya mencuat lagi pada 2014 lantaran gonjang ganjing perceraian. Setelah bercerai, kemudian dia berpacaran dengan beberapa pria dan kembali Chacha menjadi buruan awak media. Seiring dengan itu, tawaran sinetron maupun aktivitas off air pun mengalir lagi.

Menurut Chacha, meski mendapat banyak tawaran pekerjaan, namun dirinya tidak mau lagi seperti dulu yang begitu terfokus pada karier di dunia hiburan. Ia masih akan tetap tampil tapi dia akan membagi perhatiannya pada hal lain. “Aku ini sudah tidak seperti dulu yang ambisius banget serba ingin ini-itu dan harus mendapatkannya. Aku sudah tidak seperti itu lagi. Dalam beberapa tahun aku vakum, aku merasakan perubahan aku. Aku merasa eksistensi sebagai figur publik tidak memberi kepuasan batin tapi justru berkumpul dengan orang dekat, itu justru yang  ‘mengisi’ aku,” ungkap Marshanda panjang-lebar.

Selama tidak tahun tidak berkiprah di dunia hiburan, ujarnya, dirinya merasa biasa saja. “Kangen? Ya kangen, tapi tidak seperti dulu. Ya biasa-biasa saja. Kemudian aku sadar, aku berubah karena priority aku berubah.Dunia entertainment seperti syuting, menghadiri acara talkshow, dll,  bukan lagi menjadi priority aku, meski aku sekarang ada di dalamnya. Jadi ketika prioritas aku sudah bergeser, aku pun menjadi jarang tampil di layar kaca dan aku sendiri merasa baik-baik saja,” tutur ibu dari Sienna Ameerah Kasyafani (4 ).

Sayangnya, lanjut Marshanda, sebagian masyarakat menganggap kalau artis tidak eksis lagi di dunia hiburan berarti suatu yang negatif, berarti tidak ‘ok’.  Pandangan seperti itu, katanya, sah-sah saja, toh setiap orang bebas berpendapat. Namun baginya eksistensi di dunia huburan bukanlah sesuatu yang dibutuhkan dalam hidupnya.

“Aku memang sudah berubah, eksistensi bukan aku butuhkan. Aku hanya ingin bisa menjadi  diri sendiri. Seperti sekarang, aku kangen syuting, lalu aku dapat tawaran main sinetron, film, ya aku terima karena memang aku mau dan sudah kangen. Jadi bukan karena hal lainnya,” tandas Chacha. (Diana Runtu)

 

Jadi Sosok yang Kuat

Tahun 2017 telah mengajarkan banyak pengalaman hidup untuk Marshanda. Di tahun ini, katanya, dirinya diterpa banyak permasalahan yang cukup berat. Dan dirinya berhasil melaluinya dengan tegar. Marshanda sendiri mengaku sungguh terkejut dengan kemampuannya yang bisa tegar menghadapi berbagai persoalan berat.

“Sepanjang tahun 2017 aku banyak mengalami pengalaman berharga, banyak diterpa berbagai permasalahan. Tapi ternyata aku bisa kuat, itu yang paling membahagiakan dan membanggakan aku. Aku bisa menjadi sosok yang kuat. Aku bisa menjadi diri aku sendiri, untuk itu aku sangat bersyukur,” ucap peraih penghargaan ‘The Most Brilliant Person’ pada Asian Awards 2004.

“D tahun ini aku mengalami ujian sangat berat dalam hidup aku. Tapi aku bisa kuat. Aku tetap bisa mengapresiasi hidup aku, aku tetap mencintai diri aku. Aku juga berupaya memaafkan segala kesalahan aku di masa lalu dan tetap berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Itulah kekuatan 2017 buat aku,” ujar Chacha sembari berharap 2018 mendatang dirinya bisa lebih baik lagi. (Diana Runtu)

To Top