Edukasi

Dialog Wartawan DPRD Bali dan Humas Sekretariat DPRD Jatim

Tutiek Setiyowati

Hari Kedua Pelaksanaan Press Tour Media dan Humas Sekretariat DPRD Provinsi Bali ke Sekretariat DPRD Provinsi DIY, Jumat (15/12),  bertemu dengan rekan sejawat yang melaksanakan kegiatan dengan agenda dan tujuan yang sama, yaitu Press Tour dari Media dan Humas Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur.

Berbeda dengan Setwan DIY, sedikit belakangan Setwan Jatim baru melaksanakan Press Tour sejak tahun 2012. Jika DIY bisa mengajak serta 30-35 awak media dalam acara press tour, maka berbeda halnya dengan Setwan Jatim yang hanya bisa mengajak 20 orang awak media (maksimal).

Dalam dialog di Gedung DPRD DIY, salah seorang  pejabat dari Setwan Jatim Dra. Tutiek Setiyowati M.Si., Kasubag Dokumentasi, Informasi, dan Publikasi, menjelaskan mereka mengakomodir sekitar 20 wartawan dalam acara press tour tersebut. “Kami di Jawa Timur malah hanya diikuti media-media kecil, hal ini tergantung dari kebijakan media tersebut yang tidak mengijinkan wartawannya untuk ikut kegiatan di luar kota,” katanya. Namun ada yang berbeda di Setwan Jatim jika dibandingkan dengan 2 (dua) Setwan lainnya (Bali & DIY), jika Setwan Bali dan DIY baru bisa melaksanakan Press Tour hanya sekali dalam setahun, maka tidak demikian halnya dengan Setwan Jatim yang sudah mampu melaksanakan Press Tour dua kali dalam setahun.

Menurut Tutiek Setiyowati, karena wartawan yang bisa ikut agak terbatas, maka intensitasnya  bisa ditambah. “Dalam setahun kami bisa (Press Tour) sebanyak dua kali, biasanya kami lakukan di semester pertama dan semester kedua, seperti kali ini adalah press tour kedua di tahun 2018,” Imbuhnya.

Ditanya soal anggaran, ia mengatakan, karena ini kemitraan antara media dengan Dewan yang difasilitasi oleh Humas Setwan, maka belum pernah terkendala terkait anggaran, bahkan mereka ditawarkan untuk membangkitkan dan memunculkan inovasi-inovasi baru untuk lebih menguatkan sinergi media dengan Dewan.

Kabag Umum Sekretariat DPRD Provinsi Bali I Made Rentin atas seizin Sekwan DPRD Bali, menjelaskan, acara hari kedua press tour di DIY  rombongan bertemu dengan Setwan Jatim yang melaksanakan kegiatan dengan topik dan tujuan yang sama yaitu press tour untuk menimba ilmu ke Setwan DIY. “Ibarat peribahasa sekali mengayuh perahu dua tiga pulau terlampau, kita belajar ke DIY dapat juga pengalaman berharga dari Setwan Jatim,” kata Rentin.

Lebih jauh Kabag Umum yang melaksanakan tugas Kehumasan tersebut menjelaskan, dengan adanya dua Setwan (DIY dan Jatim) yang diajak berdialog ini, akan menjadi modal baginya memperjuangkan peningkatan atau minimal mempertahankan keberadaan kegiatan press tour ini. Semoga tahun depan kegiatan ini bisa tetap berlanjut, melihat pengalaman dari dua rekan sejawat yang sudah lama melaksanakan kegiatan tersebut, yaitu Setwan DIY sejak 2009 dan Setwan Jatim sejak 2012,” kata Rentin. (Wirati Astiti).

 

To Top