Edukasi

Tingkatkan Inovasi Pemberitaan Wartawan DPRD Bali Press Tour ke DPRD DIY

Dari kiri Primaswolo Sujono Sekretaris Dewan Kehormatan PWI DI Yogyakarta K, Budi Nugroho, Made Rentin, dan Ketua PWI Bali Dwikora Putra.

Humas DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah merencanakan berbagai inovasi  untuk mendukung penguatan sinergisitas dalam pemberitaan. Salah satunya akan meluncurkan studio mini dan live streaming untuk menyiarkan pemberitaan di Dewan secara langsung. Demikian disampaikan Kabag Humas dan Protokol Sekretariat  DPRD DI Yogyakarta Budi Nugroho, saat pertemuan dengan Forum Wartawan DPRD Bali (Forward) dan Humas Sekwan DPRD Provinsi Bali, dalam rangkaian press tour, Kamis (14/12).

Selama ini, kata dia, produk kerjasama yang sudah dihasilkan Humas DPRD Provinsi DIY dengan wartawan berdasarkan hasil diskusi dan aspirasi wartawan meliputi berbagai hal, seperti suplemen (pemberitaan hasil kegiatan AKD atau Alat Kelengkapan Dewan), ruang aspirasi untuk menampung aspirasi masyarakat yang dituangkan dalam pemberitaan dan ada jawaban anggota Dewan yang kompeten, mimbar legisatif serta dialog interaktif di TV, radio dan pemberitaan di website.

Budi Nugroho menambahkan, kerjasama dan sinergi antara wartawan dan Humas DPRD DIY selama ini sudah berjalan cukup baik. Pihaknya juga memfasilitasi penyaluran aspirasi dan masukan dari wartawan yang bertugas di DPRD DIY yang berkontribusi mendukung program-program pembangunan. “Kami rutin melakukan forum diskusi wartawan untuk mengeksplor isu-isu strategis. Misalnya soal pembangunan bandara DIY,” papar Budi Nugroho.

Ia berharap melalui studi banding wartawan DPRD Bali ke Sekwan DPRD DIY mampu melakukan inovasi dalam pemberitaan dan penguatan kerjasama dengan Dewan ke depannya.

Koordinator Peguyuban Wartawan DPRD Provinsi DIY Santoso Suparman menambahkan, selama ini, sudah terbangun sinergi yang kuat antara wartawan dengan Dewan di DIY dan melakukan berbagai terobosan. Salah satunya untuk membahas isu-isu terkini.  “Peguyuban wartawan DPRD Provinsi DIY rutin mengadakan diskusi dengan mengundang narasumber dari pihak legislatif dan eksekutif sehingga masing-masing wartawan tidak perlu secara mandiri mencari narasumber berita. “Kami rutin melakukan diskusi untuk membahas topik-topik tertentu dengan menghadirkan pihak legislatif dan eksekutif. Ini cukup efektif untuk memperkuat pemberitaan,” ujarnya.

Ketua Forum Wartawan DPRD (Forward) Bali, Komang Suparta mengatakan, sejak 2009 paguyuban wartawan DPRD  sudah melakukan press tour ke berbagai daerah. Sedangkan, wartawan DPRD Bali baru tahun ini melakukan press tour artinya, sudah ketinggalan delapan tahun. Namuh, ia percaya,  semangat para wartawan DPRD Bali untuk menyajikan berita dan memberikan inspirasi kepada masyarakat tetap menyala.

Komang Suparta berharap hal-hal positif yang telah dilakukan wartawan DPRD DIY dan kerja sama dengan pihak Dewan selama ini, mampu memberi masukan kepada para wartawan yang bertugas di DPRD Bali. “Kami bisa banyak belajar dari awak media  yang bertugas di DPRD DIY untuk penguatan pemberitaan dan kerjasama serta bagaimana kontribusi wartawan untuk mendukung program pembangunan di Bali,” kata Suparta.

Ia sangat berharap, agenda press tour bisa diagendakan tiap tahun karena sangat bermanfaat dalam menjalin kerja sama dengan para wartawan dan juga dapat memberikan inspirasi dan ide-ide segar untuk diterapkan di Bali.

Kabag Umum Sekretariat DPRD Bali Made Rentin seizin Sekwan DPRD Bali, mengatakan, press tour ini bertujuan sebagai salah satu upaya penguatan sinergi kedua pihak dalam mendukung pemberitaan. Kegiatan ini juga diharapkan membuka wawasan baru wartawan maupun bagian Humas DPRD Bali sehingga bisa memberikan kontribusi inovasi dalam konteks pemberitaan. “Kami ingin menimba ilmu di Sekretariat Dewan DIY. Banyak hal positif yang bisa dipelajari menyangkut bagaimana Humas mengelola pemberitaan dan membangun sinergi dengan wartawan,” ujar Rentin.

Rentin juga berharap, ke depannya, ia terus dapat mengagendakan kegiatan press tour dengan harapan akan semakin banyak inovasi dan ide untuk sinergitas wartawan dan kehumasan DPRD. Acara press tour diikuti beberapa wartawan media cetak, online, dan televisi, ketua dan anggota PWI, serta staf Humas Sekwan DPRD Bali. (Wirati Astiti).

To Top