Sosialita

Bali Kini Miliki 14 Asesor Tata Rias Pengantin

Wali Kota Denpasar IB Rai D. Mantra memberikan apresiasi besar terhadap pelaksanaan Pelatihan Asesor Kompetensi Rias Pengantin Bali Modifikasi dan Modern yang diinisiatori Bu Agung. Tampak Wali Kota IB Rai D. Mantra didampingi Sekda Rai Iswara, Camat Denut Nyoman Lodra, Perbekel Desa Dangin Puri Kangin IGN Putrama berfoto bersama Bu Agung, Ketua DPP Katalia Kun Mulyono, dan beberapa peserta pelatihan asesor

Setelah melalui perjuangan yang cukup keras, mengikuti serangkaian Pelatihan Asesor Kompetensi yang digelar LSP Rias Pengantin Modifikasi dan Modern “Katalia”, dengan menghadirkan narasumber 4 master asesor dari BNSP.  Akhirnya ke 14 peserta dinyatakan “Kompeten”. Kini, Bali memiliki 14 Asesor Tata Rias Pengantin Bali Modifikasi dan Modern, yakni dari Singaraja 1 orang, Badung (2), Tabanan (1), Denpasar (6), Gianyar (1), Jembrana (1), Karangasem (1), dan Klungkung (1).

Ketua Katalia Bali, Dr. Dra. AA Ayu Ketut Agung, M.M. mengatakan, selama ini peserta yang mengikuti uji kompetensi tata rias Bali modifikasi, mendatangkan asesor (penguji) dari pusat. Bu Agung-demikian sapaan akrabnya mengakui bahwa Bali kekurangan asesor. Hal ini dikarenakan seorang asesor harus memenuhi 5 persyaratan dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), di antaranya minimal 2 tahun buka salon (terampil), memiliki 5 sertifikat uji kompetensi. Tak hanya sertifikat rias pengantin Bali modikasi, tetapi juga rias pengantin modifikasi yang lain. “Di Bali, banyak perias-perias yang bagus tapi mereka tidak punya sertifikat uji kompetensi. Kami sangat bersyukur, dari ke 14 peserta pelatihan asesor, semuanya dinyatakan kompeten,” ucapnya.

Karena itu, Bu Agung yang juga pemilik Salon Agung, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Agung dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Agung terus-menerus menyosialisasikan bahwa salon maupun penata rias perlu “kompeten” yang dibuktikan dengan mengantongi sertifikat uji kompetensi.

Di sela jadwalnya yang begitu padat, Wali Kota Denpasar IB Rai D. Mantra, S.E., M.Si. yang sangat peduli dengan pendidikan ini memberikan support dengan berkesempatan hadir meninjau pelaksanaan pelatihan asesor yang berlangsung dari tanggal 20 s.d. 25 November 2017, didampingi Sekda Drs. AA Rai Iswara, M.Si., bersama Camat Denpasar Utara I Nyoman Lodra, S.E., M.Si, serta Perbekel Desa Dangin Puri Kangin Ir. IGN Putrama. (inten)

To Top