Kuliner

Chef Francesc Rovira Canudas: Pelestari Kuliner Catalan Tradisional

Chef Francesc Rovira Canudas

Chef Francesc Rovira Canudas dari ‘La Fonda Xesc’ Pyrenees, Catalan, Spanyol siap beraksi di InterContinental Bali Resort untuk makan malam gourmet dan kelas memasak eksklusif. Francesc Rovira lahir dari keluarga petani dan diajarkan cara memasak pada usia yang sangat muda oleh ibunya sehingga ia bisa membantu di penginapan milik keluarga, ‘La Fonda’, sebuah bangunan abad ke-18 di Gombren, yang mengkhususkan diri dalam masakan Catalan tradisional.
Paparan awal kehidupan restoran ini menginspirasinya untuk mendaftarkan diri di akademi kuliner ‘Escola d’Hosteleria’ di Barcelona. Selanjutnya ia bekerja di sejumlah restoran bergengsi bersama banyak koki terkenal, terutama (alm) Santi Santamaria, seorang tokoh terkemuka dalam masakan Catalan selama 20 tahun terakhir. Santamarialah yang memantik gairah Chef Francesc untuk melestarikan kuliner Catalan tradisional.
Ketika Francesc kembali ke ‘La Fonda’ dan mulai memperkenalkan masakan baru, dapur masih berada di tangan ibunya. Dia dan adiknya kemudian mengambil alih hingga menjadikan restoran dianugerahi bintang Michelin tahun 2009.
Spanyol Soul Food dengan sentuhan spesial dimana masakan Catalan didasarkan pada masakan tradisional Mediterania dan posisi Catalonia sebagai persimpangan antara Perancis dan Spanyol, dengan pengaruh Italia yang kuat. Gunung-gunungnya menurun tajam ke Laut Balearic, yang telah menciptakan kombinasi makanan asli dari darat dan laut. Jamur menonjol sebagai ramuan penting, bersama dengan daging rusa di musim dingin, atau persik dan kepiting di musim panas. Olahan Chef Francesc meledak dalam rasa tanpa ada kepura-puraan. Anggota tim sepak bola Barcelona pun teratur untuk makan malam di ‘La Fonda Xesc’.
Chef Francesc telah menciptakan menu spesial yang akan mengenalkan pengunjung ke konsep farm-to-table dimana ‘La Fonda Xesc’ telah menjadi sangat terkenal. Nikmati kreasi mengagumkan koki terkenal ini pada acara makan malam gastronomi lima jalur anggurnya, yang diadakan Jumat (24/11), sambil juga mempelajari rahasia masakan Catalan di kelas memasak Chef Francesc pada Sabtu (25/11). Temui Chef Francesc dan nikmati makan malam à la carte pada Sabtu (25/11) dan Minggu (26/11), yang akan memperbaharui persepsi Anda tentang masakan Catalan. (KMB/Ngurah Budi)

To Top