Kreasi

Bonsai Seksi Seharga 300 Juta Rupiah

Sebanyak 94 jenis bonsai dipamerkan di areal Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017. Pameran yang diselenggarakan Perkumpulan Kebo Iwa Bali Bonsai ini, menampilkan jenis bonsai santigi, kinkit, amplas, bustem, serut, asam, dan kimeng.
Menurut Wayan Kasim, harga dari bonsai yang dipamerkan mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 300 juta. Uniknya, ada satu bonsai yang sangat besar dan usianya sudah mencapai 50 tahun, namanya bonsai santigi.
Bonsai santigi (pemphis acidula) merupakan salah satu jenis bonsai yang berasal dari keluarga lythraceae. Tanaman ini biasanya banyak terdapat di daerah pesisir pantai atau daerah daratan yang dekat dengan perairan laut. Selain itu, tanaman ini memiliki ciri-ciri khas, di antaranya, mempunyai ciri berdaun hijau kecil berbatang yang mirip dengan tanaman cemara laut. Daun tanaman ini juga tebal dan memiliki kandungan air yang tinggi serta mempunyai buah atau biji yang bentuknya menyerupai biji cengkih. “Jika Anda termasuk para pencinta tanaman hias, terutama pencinta tanaman bonsai. Tanaman yang mirip dengan cemara ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif,” ujarnya.
Ada beberapa alasan mengapa tanaman ini sangat cocok sekali dijadikan bonsai. Tanaman santigi tanaman yang mempunyai daya tahan terhadap hama dan penyakit sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan menjadi tanaman bonsai. Merupakan tanaman yang memiliki umur yang panjang. Memiliki karakter berupa dahan atau ranting yang panjang dan rimbun sehingga jika dibuat bonsai akan mempunyai tampilan yang eksotis. Sangat mudah dibentuk, sehingga akan mempermudah Anda dalam proses pembentukan bonsai santigi. “Bonsai santigi ini merupakan salah satu bonsai yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, apabila Anda tertarik untuk berbisnis tanaman hias, maka bonsai santigi bisa menjadi alternatif pilihan yang sangat menjanjikan. Bonsai santigi yang sangat seksi ini bernilai Rp 300 juta,” ujar Wayan Kasim. (Wirati Astiti)

To Top