Griya

Hunian Minimalis yang Asri

Konsep hunian minimalis masih menjadi pilihan masyarakat kebanyakan saat ini. Meskipun berkesan simpel namun tetap enak dipandang. Hal ini pula yang menjadi alasan Yeni Ari Surya, pemilik Pulasari Home dalam mendesain vila yang disewakannya tersebut.
Di atas tanah seluas 4 are tersebut, Pulasari Home yang terletak di kawasan strategis di Sanur, Denpasar ini menawarkan suasana hunian yang nyaman dan asri karena selain lapang, mengahadirkan tanaman hijau juga menjadi perhatian.
Kesan lapang pada hunian yang mengusung konsep minimalis ini bisa didapat dari ruang-ruang terbuka (tanpa sekat), seperti keberadaan antara ruang tamu dan dapur. Demikian halnya dengan pintu dan jendela memakai bukaan lebar sehingga memaksimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami.
Untuk mendukung kesan lapang dan clean, hunian ini didominasi dengan warna putih. Warna lain pada bidang-bidang tertentu hanya sebagai aksen untuk mempercantik ruangan. Sebut saja, hadirnya warna hiijau pada satu bidang dinding di kamar tidur, diharapkan mampu memberikan suasana segar dan sejuk.
Dudukan sofa pada ruang tamu atau bisa juga untuk tempat bersantai si penghuni rumah diberi sentuhan warna kuning soft. Di antara warna-warna putih yang mendominasi, warna kuning ini memberikan nuansa cerah yang mampu membangkitkan semangat. Di ruang terbuka yang langsung berhubungan dengan ruang luar ini, penghuni bisa bersantai minum teh atau kopi sembari membaca buku ditemani sepoi angin nan sejuk.
Di beberapa bagian, seperti pada pilar dan fasad menggunakan batu alam. Untuk tetap memberi identitas bahwa keberadaan hunian ini di Bali, pintu masuk utama memakai angkul-angkul (pintu gerbang utama tradisi Bali). Halaman depan ini pun didesain sedemikian rupa dengan menghadirkan tanaman-tanaman hias yang cantik. Pasangan batu pilah dengan desain acak memakai tanaman rumput sebagai natnya, memberikan kesan pertama yang berbeda. (Inten Indrawati)

To Top