Surabaya

Batik Lukis Kreasi Penuh Perasaan

Batik jadi laris manis. Apalagi, sejak ditetapkannya menjadi warisan budaya Indonesia pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO, usaha batik sangat bergairah. Peristiwa itu sekaligus dijadikan momen Hari Batik Indonesia. Momentum itu menjadi penting bagi seluruh masyarakat Indonesia. Batik bukan lagi hanya milik suku Jawa tetapi milik semua daerah di Indonesia.
‘’Batik tidak lagi dipakai hanya orang tua namun seluruh golongan usia menggunakannya. Batik tak lagi hanya digunakan saat-saat perayaan juga digunakan di berbagai kesempatan,’’ kata Diah Gardenia Hasbiriyanti, pemilik ‘Diah Gardenia Batik Tulis’ yang juga perajin batik tulis. Diah memiliki workshop di Sidoarjo dan Pasuruan.
Semangat ini terus dikobarkan ditandai dengan lahirnya pengusaha baru yang mengangkat popularitas batik yang semakin dicintai masyarakat dunia khususnya Indonesia. Para seniman dan perancang corak batik makin banyak dan kreatif mengeluarkan karya-karyanya. Hingga saat ini banyak ditemui desain corak batik yang sangat variatif.
Pemerintah begitu kuat mendorong batik dapat mengakar hingga generasi penerus. Hal ini dibuktikan dengan masuknya program membatik pada kegiatan di sekolah-sekolah. Seiring dengan itu, seni batik terus berkembang di seluruh Indonesia. Berdasararkan semangat atas kebanggaan dan keinginan kuat memberi kontribusi bagi perkembangan batik, Diah Gardenia Batik Tulis hadir dengan memberi sentuhan ciri khasnya yaitu batik tulis dengan teknik pewarnaan lukis atau biasa disebut batik lukis.
Menurut Diah, batik lukis adalah batik tulis yang digambar langsung pada kain dan diwarnai dengan teknik lukis seperti teknik permainan cahaya untuk menciptakan gradasi warna, garis tebal tipis, perpaduan warna yang berbeda dalam satu objek dan lain lain sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan variasi efek warna yang dinamis.
Dalam pewarnaan batik lukis proses design dan pewarnaan merupakan hal penting yang harus mendapatkan perhatian khusus, karena batik lukis adalah sebuah lukisan yang dibuat dengan proses batik. Detil setiap objek menjadi perhatian dari pelukisnya hingga kondisi perasaan seorang seniman batik lukis dapat mempengaruhi hasil lukisan nya.
Diah Gardenia Batik Tulis didesain dan dilukis oleh Diah Gardenia Hadi (DGH), setiap detil bagian dilukis dengan sepenuh perasaan dan kehalusan untuk dapat menyajikan hasil akhir yang indah. Dalam melukis batiknya DGH memastikan salam suasana hati yang penuh semangat, bahagia dan cinta, agar aura yang dihasilkan pada batik lukisnya terpancar dan memberi pengaruh yang positif pada pemakainya.
Ciri dan kekuatan desain pada Diah Gardenia Batik Tulis digambar langsung dengan hand made tanpa cetakan sehingga cirinya adalah banya terdapat ketidak samaan antara satu objek dengan objek lainnya walau mirip namun tetap terdapat perbedaannya. Saat ini Diah Gardenia Batik Lukis mempunyai dua seri desain, seri Songo Kembang dan seri Puspanggaswangi. (Bambang Wiliarto)

To Top