Dara

Amanda Raih Juara Grand Champion Indonesia School Idol 2017

Amanda Dahlia Latif.

Amanda Dahlia Latif (13), baru-baru ini berhasil mengharumkan nama Bali di kancah nasional. Putri semata wayang dari Wanda Somdani yang mewakili SMPN 4 Kuta Selatan-Badung ini berhasil menyabet gelar juara Grand Champion Indonesia School Idol 2017 yang diselenggarakan di Gedung RRI Kota Semaran. Amanda berhasil menjadi juara 1 kategori penyanyi dewasa mengalahkan para pesaingnya dari tingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Bahkan, ia berhasil meraih voting terbanyak dan menjadi juara Grand.
“Saya tidak menyangka dapat juara 1, apalagi pada saat pengumuman yang juara 3 dan 2 dipanggil duluan. Tentu saya bangga, dan ke depan saya akan terus mengasah suara saya sehingga saya bisa menjadi penyanyi ternama seperti Raisa, Tulus, dan bisa menjadi penyanyi go international seperti idola saya Katy Perry,” ungkap Amanda.

Remaja kelahiran Denpasar, 27 Februari 2004 ini selain memiliki bakat menyanyi juga menggeluti dunia model dan fashion show kategori anak-anak. Menurut sang ibu, Amanda berhasil lolos dan masuk babak grand final Indonesia School Idol 2017 setelah melewati beberapa babak penyisihan.
Indonesia School Idol 2017 diikuti oleh 400 siswa dari seluruh Indonesia. Dari 400 peserta tersebut disaring menjadi 200 peserta setelah mengirim video rekaman lagu lewat Instagram. Setelah itu, dari 200 peserta disaring lagi dalam babak semifinal yang menyisihkan peserta sebanyak 80 siswa dan melakukan rekaman di Studio JP di Semarang, kemudian diunggah ke YouTube dan dilakukan voting terhadap video masing-masing peserta.
“Kebetulan anak saya yang mewakili SMPN 4 Kuta Selatan menjadi satu-satunya peserta dari Bali yang lolos ke babak semifinal dan menjadi peserta dengan voting nomor 3 tertinggi di YouTube sehingga masuk babak grand final,” ujar Wanda.
Pada babak grand final, lanjut dia, diikuti oleh 28 peserta, yang terdiri dari 14 peserta anak-anak (kategori SD) dan 14 peserta kategori dewasa. Semua peserta harus menyanyi secara live di hadapan dewan juri dan para penonton. Sistem penilaian dilakukan dengan dua sistem, 60 % dinilai oleh juri dan 40% dipilih oleh penonton secara langsung. Akhirnya Amanda berhasil keluar menjadi juara 1 kategori dewasa dan menjadi juara grand champion setelah mengalahkan juara 1 kategori anak-anak.
Kepala Sekolah SMPN 4 Kuta Selatan, Drs. I Wayan Tur Adnyana mengaku sangat bangga atas prestasi dan talenta yang dimiliki anak didiknya. Sebab, talenta dan bakat yang dimiliki siswa mencerminkan karakter anak tersebut. Oleh karena itu, pihaknya sangat mendukung dan terus memberikan ruang bagi anak didik untuk terus mengasah potensinya, terutama yang mempunyai bakat yang bisa mengharumkan nama keluarga, sekolah, bahkan daerahnya di kancah nasional. “Semoga Amanda menjadi motivator bagi teman-temannya di sekolah, sehingga tidak malu untuk mengeluarkan bakat-bakat yang dimiliki dan mau mengeluarkan potensinya untuk bersaing di kancah nasional,”ujar Adnyana penuh harapan. (Winatha)

To Top