Kuliner

Nasi Liwet yang tak Ruwet

Menikmati kuliner di kota Surakarta (Solo) kurang lengkap kalau belum mencoba nasi liwet. Salah satu penjual nasi liwet yang ramai dikunjungi berada di wilayah Keprabon. Namanya warung nasi liwet Bu Wongso Lemu.
Warung ini menyajikan menu utama nasi liwet dengan berbagai pilihan lauk. Ada paha ayam, dada ayam, ayam suwir, dan telur. Harga nasi liwet komplit mulai Rp 27 ribu. Kenaikan harga tergantung lauk yang dipilih.
Menu lainnya seperti nasi gudeg dengan lauk tempe bacem dan tahu bacem juga tersedia. Minumannya pun khas Jawa. Ada wedang ronde, uwuh, wedang jahe, dan minuman lainnya.
Selagi kita makan, suara penyanyi silih berganti. Ada sinden yang melantunkan lagu-lagu Jawa dan pengamen yang membawakan lagu-lagu nostalgia. “Nasi liwet ini langganan kami. Kalau ada teman yang datang ke Solo, kami ajak makan nasi liwet Wongso Lemu,” ujar Deni Hindarti, warga Karanganyar yang daerah tinggalnya dekat Solo ini.
Nasi liwet adalah makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk. Nasi liwet disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).
Nasi ini sederhana dan tak ruwet. Penyajian dengan alas daun pisang membuat nasi makin nikmat. Jika kurang pedas, pembeli bisa menambahkan cabai rebus yang tersaji di meja. Silakan mencoba. (Ngurah Budi)

To Top