Kuliner

Kelapa Wulung: Si Merah Muda yang Multiguna

Kelapa wulung merupakan jenis kelapa yang unik. Kulit luarnya berwarna hijau seperti kelapa muda pada umumnya. Namun, bagian dalamnya berwarna merah muda. Karena unik, agak sulit mendapatkan kelapa yang memiliki banyak manfaat ini.
Gustu Bayu, penjual kelapa wulung di areal Car Free Day Taman Kota Lumintang, Denpasar menuturkan, dirinya hanya bisa mendapatkan kepala wulung seminggu sekali. “Pemasok dari Jembrana hanya bisa mengirimkan seminggu sekali karena memang sulit untuk mencari kelapa ini,” ungkapnya.
Pria yang akrab disapa Bayu ini menambahkan kelapa wulung ini memiliki banyak manfaat alias multiguna. “Ada pelanggan saya yang cerita dia punya riwayat penyakit jantung koroner. Untuk terapi, dia rutin minum bungkak tiap hari sebelum tidur dan dua kelapa wulung di hari Minggu. Ternyata setelah dicek lagi, penyakitnya hilang. Dia sembuh,” ujar Bayu menirukan apa yang disampaikan pelanggannya.
Ada juga yang mengonsumsi kelapa merah muda ini untuk mengatasi penyakit ginjal dan menambah stamina. Kelapa wulung yang ukuran kecil dibandrol dengan harga Rp 20 ribu sedangkan ukuran besar Rp 25 ribu. Air kelapa wulung rasanya lebih pahit dibandingkan dengan air kelapa lainnya.
Dari beberapa referensi di internet, kelapa wulung memang memiliki banyak manfaat. Manfaatnya antara lain penawar racun, memperlancar buang air, mencegah penuaan dini, mengatur kadar gula darah, mengatasi sakit kepala, menurunkan berat badan, menetralisir alkohol, menyehatkan jantung, dan mencegah dehidrasi. (Ngurah Budi)
Foto: kelapa wulung

To Top