Kuliner

Sate Keladi Makanan Khas Desa Pedawa

Ditengah serbuan makanan modern, Desa Pedawa masih mempertahankan makanan tradisionalnya. Bahkan makanan tradisional tersebut menjadi suguhan istimewa untuk tamu maupun wisatawan yang berkunjung.
Makanan berbahan olahan keladi (talas) menjadi makanan khas yang memiliki cita rasa tinggi. Jika umumnya keladi hanya diolah menjadi jajanan untuk cemilan, berbeda oleh masyarakat Pedawa yang menjadi keladi sebagai menu hidangan dalam bersantap. Menu sate keladi selalu tersedia dan menjadi salah satu menu yang tak boleh absen tatkala masyarakat Pedawa menggelar upacara keagamaan.
Menurut I Ketut Suama, keberadaan sate keladi ini sudah ada dari zaman dahulu bahkan tidak sedikit masyarakat di Desa Pedawa yang membuat sate keladi ini sebagai camilan tatkala musim hujan tiba. Salah satu faktor pendukung makanan tradisional ini masih tetap lestari adalah keladi menjadi salah satu produk pertanian yang banyak dihasilkan masyarakat Pedawa.
Kalau bayangan Anda, sate keladi berbentuk potongan-potongan keladi yang ditusuk kemudian dibakar, Anda salah. Sate keladi khas Pedawa ini dibuat dengan proses mengukus terlebih dahulu umbi keladi hingga matang. Setelah itu, keladi akan dihaluskan dan dicampur dengan parutan kelapa. Untuk mendapat cita rasa, maka racikan bumbu khas Pedawa pun menjadi campurannya. Setelah melalui proses pengadonan, sate akan dililit pada batang kelapa yang masih muda atau batang bambu sebelum dipanggang (tunu) di atas bara api. (Wiwin Meliana)

To Top