Griya

Pilih sesuai Keperluan

Ketika Anda memerlukan rak, meja, kanopi atau pun yang lainnya dengan ukuran sesuai yang Anda inginkan, tentu solusinya adalah membuat sendiri. Hal ini pula yang menjadi alasan beberapa konsumen. Selain menyesesuaikan dengan keperluan, konsumen juga bisa memilih bahan yang diinginkan.
“Contohnya saja meja. Di pasaran kan banyak yang jual meja jadi. Tapi biasanya memakai besi pipa kotak (hollow) yang tipis. Kalau buat, kita bisa pakai besi kotak galvanis, agar lebih tahan lama,” ujar Gede Alit Suantara, yang kerap berurusan dengan las-mengelas.
Ia menjelaskan, proses pengerjaannya cukup sederhana. Misalkan membuat rak, meja, ataupun kandang binatang peliharaan, tinggal diukur seberapa panjang-lebar- tinggi -yang diinginkan konsumen, material (dalam hal ini besi) dipotong, kemudian sambungan-sambungannya dilas. Agar rapi, sambungan tersebut di gerinda, lanjut didempol, baru kemudian dicat.
Untuk bahan/material, konsumen bisa memilih jenis besi yang diinginkan. Ada besi beton, besi pipa kotak, besi siku, dll. Seperti beberapa proyek yang pernah ia kerjakan, kandang burung menggunakan besi pipa kotak, kandang anjing-besi pipa kotak dan besi beton, pipa kotak dan tripleks untuk meja. Untuk pemasangan rangka kanopi pun umumnya ia gunakan besi pipa kotak. “Semua dikerjakan sesuai keperluan dan pesanan konsumen,” ucapnya. (Inten Indrawati)

To Top