Dara

D’Kyph Band Rilis Single Perdana

Perkembangan musik Bali tengah mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Ini ditandai dengan munculnya musisi-musisi lokal dengan mengusung berbagai genre untuk mewarnai blantika musik Bali sehingga tidak terkesan monoton. Tidak hanya di kota besar, belakangan, musisi-musisi lokal berbakat juga mulai mengepakkan sayapnya.
Buleleng merupakan salah satu kabupaten di Bali Utara yang banyak melahirkan musisi-musisi kenamaan. D’Kyph Band salah satunya. D’Kyph sendiri dibentuk pada awal bulan Juni 2017 belum lama ini. Kehadiran D’Kyph meramaikan belantika musik Bali diharapkannya bisa mewarnai musik Bali. Kecintaanya dengan musik Bali membuat D’Kyph Band komitmen merilis single perdana. Grup band yang digawangi Yuda (vokal/bass), Deva (guitar melody), Wika (guitar rythem) dan Tawe (kajon) baru saja merampungkan single yang berjudul Bli Relakan.
Diwawancarai Yuda dan personil D’kyph lainnya menjelaskan jika mereka begitu bangga bisa berkarya dibelantika musik Bali. Lewat satu single perdana yang berjudul Bli Relakan, D’Kyph yakin mampu bersaing dan bisa diterima oleh pencinta musik Bali. “Ini single perdana kami dibelantika musik Bali. Lewat single ini kita yakin bisa bersaing dengan genre pop alternative, sesuai dengan perasaan remaja saat ini,” ujar Yuda sang vokalis. Single perdana D’Kyph yang berjudul Bli Relakan mengangkat sebuah kisah seorang pria yang begitu mencintai seorang wanita. Pasangan ini pun berjanji sehidup semati, tetapi dilain sisi wanita itu sudah dijodohkan oleh orang tuanya. Si pria tidak bisa berbuat apa-apa dan hanya bisa merelakannya, terlebih untuk kebahagiaan wanita tersebut. “Ini saya rasa sebagai pelajaran bagi kita. Mencintai itu tidak harus memiliki. Kalau pasangan kita bisa bahagia dengan sebuah perjodohan, iya kita harus bisa relakan itu, iya walaupun itu berat bagi kita,” ungkapnya.
Disinggung mengenai nama, D’Kyph mengaku bangga memperkenalkan desa kelahiran lewat bandnya, sebab D’Kyph merupakan singkatan dari Desa Kayuputih, Buleleng. Mengadopsi dari nama sebuah desa untuk berkarya diseni musik adalah sebuah kebangaan sekaligus media untuk mempromosikan nama desa. D’Kyph pun berharap single perdananya kali ini bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat khususnya pencinta musik Bali. “Kita sangat berharap apa yang kita hadirkan mampu diterima dan mewarnai belantika musik Bali. Mari sama-sama dukung musisi Singaraja untuk berkarya yang positif dan membanggakan tanah kelahiran, khususnya D’Kyph sendiri yang berasal dari Desa Kayuputih,” tutupnya. ( Wiwin Meliana).

To Top