Buleleng

Pameran Pembangunan Ajang Promosi Produk UMKM

Serangkaian menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72, berbagai kegiatan dilakukan oleh Pemkab Buleleng. Sukses menggelar lomba gerak jalan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, Pemkab Buleleng juga menggelar Pameran Pembangunan dan Hiburan Rakyat. Ajang tahunan ini digelar di Lapangan Bhuana Patra Singaraja selama 14 hari dari tanggal 14 sampai dengan 27 Agustus 2017 mendatang.

 Pameran Pembangunan dan Hiburan Rakyat ini sudah menjadi tradisi di Buleleng dan selalu dinantikan oleh masyarakat Buleleng. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG saat ditemui usai membuka secara resmi Pameran Pembangunan dan Hiburan Rakyat, Senin (14/8) malam. Wakil Bupati Buleleng asal Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan ini menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu tradisi di Buleleng guna menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI.

Kali ini, dalam ajang tahunan ini lebih mengedepankan produk yang dihasilkan oleh Usaha Kecil Mikro dan  Menengah. Selain itu pula dimanfaatkan sebagai wahana untuk mensosialisasikan program dan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai oleh Pemkab Buleleng.  Dalam kegiatan ini terdapat pameran-pameran pembangunan yang diikuti oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para pelaku-pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). “Pameran pembangunan dan juga hiburan rakyat ini merupakan sebuah tradisi di Buleleng untuk menyambut HUT Proklamasi kemerdekaan setiap tahunnya,” jelas Wabup SUtjidra.

Pada pameran pembangunan dan hiburan rakyat ini terdapat pula stan-stan UKM baik itu usaha kerajinan, busana, dan kuliner. Melalui media ini juga mereka dapat langsung mempromosikan usaha mereka selama dua minggu ke depan. Masyarakat pun bisa melihat-lihat ataupun membeli hasil-hasil dari UKM tersebut. “Pameran pembangunan ini juga memberikan kesempatan bagi para pelaku UKM untuk mempromosikan hasil usaha mereka,” ujar Sutjidra.

Pada pembukaan ini, Wabup Sutjidra berkesempatan untuk berkeliling meninjau stan-stan yang ada. Dirinya menambahkan potensi-potensi yang ada di Buleleng sudah dipamerkan disini seperti ikan yang ditampilkan Dinas Perikanan dan juga produk-produk pertanian lokal Buleleng. Selain itu, potensi UKM juga sangat besar di Buleleng seperti kerajinan yang juga dibina oleh Dinas Sosial. “Semuanya ada di pameran pembangunan ini. Kita akan terus promosikan hal tersebut selain juga ada hiburan rakyat seperti kesenian-kesenian tradisional. Mudah-mudahan masyarakat menikmati acara ini,” tandas Sutjidra.

Pameran Pembangunan dan Hiburan Rakyat ini akan berlangsung selama dua minggu dari tanggal 14 Agustus sampai dengan 27 Agustus 2017. Untuk pameran pembangunan diikuti oleh 33 peserta yang  terdiri dari 18 OPD dan 15 peserta dari unsur BUMD, BUMN, Swasta, dan UMKM yang secara keseluruhan tergabung ke dalam 40 stan. ( Wiwin Meliana)

To Top