Edukasi

Lomba Perahu Layar Tumbuhkan Jiwa Bahari Masyarakat

Penyerahan hadiah kepada juara oleh ketua panitia

Serangkaian kegiatan dilakukan untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Selain lomba gerak jalan dan pawai pembangunan, di Buleleng juga diadakan lomba perahu layar. Sudah menjadi agenda tahunan, menjelang HUT RI lomba perahu layar selalu menarik minat masyarakat. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang selalu datang untuk ikut meramaikan ketempat perlombaan.

Lomba perahu layar yang mengambil start dari pantai kerobokan dan finish di pantai lovina ini dilepas langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST., Kamis (10/8). Lomba tersebut diikuti oleh 80 peserta perahu layar dari kelompok nelayan di seluruh Buleleng. Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang melepas peserta lomba perahu layar tersebut mengatakan lomba perahu layar ini merupakan upaya Pemkab Buleleng memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72. Selain untuk memperingati HUT RI, lomba perahu layar ini juga diselenggarakan untuk menumbuhkan jiwa bahari masyarakat Buleleng, sehingga masyarakat lebih mencintai profesinya sebagai nelayan.

Bupati Suradnyana juga menambahkan, momentum lomba perahu layar ini bisa dimanfaatkan untuk mengundang wisatawan untuk hadir ke Buleleng. Bahkan dalam lomba kali ini, menarik salah seorang turis asing untuk ikut serta.  “Ada salah satu peserta lomba Warga Negara Asing (WNA) yang mengikuti lomba kali ini. Ini harus bisa dimanfaatkan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan untuk menambah minat wisatawan datang ke Buleleng. Nanti Diskanla harus bekerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk mempromosikan lomba ini lewat media,” ujarnya.

Sementara itu ketua panitia lomba Ir. Made Arnika mengatakan lomba diikuti oleh 80 peserta dari beberapa kecamatan di Kabupaten Buleleng. Kategori lomba yakni yang tercepat dan sesuai dengan regulasi yang ditentukan oleh juri lomba. Arnika menambahkan, disamping lomba perahu layar, diadakan juga lomba menangkap itik yang diselenggarakan di pantai Lovina. “Untuk tahun ini kita cari hanya 80 peserta mengingat tempat yang kurang cukup untuk menampung perahu lebih dari 80 peserta,” pungkasnya.

Lomba perahu layar ini untuk ketiga kalinya kembali dimenangkan oleh Ardiansyah dan Dedy Rahmawan Kelompok Nelayan Sinar Bahari dari Kecamatan Banjar dan berhak membawa piala bergilir yang disediakan oleh panitia lomba. Untuk juara kedua diraih oleh Rahmat dan Dayat dari Kelompok Nelayan Sinar Bahari Desa Kaliasem Kecamatan Banjar, untuk juara ketiga diraih oleh Hambali dan Usman dari Kelompok Nelayan Satria Samudra Kecamatan Sawan, sementara untuk juara harapan satu diraih oleh Sadikin dan Sudirja dari Kelompok Nelayan Bhineka Samudra Kecamatan Sawan, juara harapan dua diraih oleh Ramedan dan Ari Sugianto dari Kelompok Nelayan Sinar Bahari Desa Kaliasem Kecamatan Banjar, dan untuk juara harapan lima diraih oleh Suri dan Abdulah dari Kelompok Nelayan Satria Samudra Kecamatan Sawan. ( Wiwin Meliana)

 

To Top