Surabaya

Shrek dalam Pertunjukan Balet

Mahluk sejenis “Ogre” ini memang menakutkan. Shrek, berbadan besar, tidak tampan seperti pangeran negeri dongeng pada umumnya. Meskipun dianggap monster, namun Shrek memiliki hati yang baik, penolong, peduli terhadap mahluk sekitarnya.

Kehidupan Shrek pun mulai terusik dengan kehadiran anak buah Lord Farquaad yang menangkapi mahluk dunia dongeng untuk dibuang dari Duloc. Shrek juga harus menyelamatkan putri Fiona yang berada di kastil tua dijaga oleh seekor naga. Sebelumnya, siapapun yang mencoba mengalahkan naga, pasti akan mati sia-sia. Dengan keberanian taktiknya, Shrek berhasil melumpuhkan naga dan membawa putri keluar dari kastil.

Fiona adalah seorang putri raja yang menerima kutukan, di kala pagi hari Fiona tetap menjadi seorang putri nan cantik jelita, namun di saat matahari terbenam, Fiona berubah menjadi Ogre. Kutukan tersebut akan musnah apabila Fiona menemukan cinta sejatinya dan mendapat sebuah ciuman.

Apa jadinya jika dongeng menarik tersebut diangkat dalam sebuah pertunjukan balet yang indah. Pasti mengagumkan. Karya ini dibawakan oleh siswa Premiere School of Ballet (PsoB) di Taman Budaya Cak Durassim, pekan lalu. Unik dan menarik. PsoB mempersembahkan dua nomor tari spesial, “Shrek” dan “The Firebird”.

“Sengaja kami mengusung Shrek karena belum pernah ada koreografi balet yang dibuat dan ditampilkan di dunia,” kata Sylvi Panggawean, Chief Executive Officer (CEO) PsoB sekaligus koreografer karya ini bersama Lie Chen, ARAD, dan tim.

Tarian ini ditampilkan oleh sekitar 125 murid usia 3,5 tahun sampai dewasa. Dengan pemeran utama Shrek yaitu Michelle Wiradinata, ARAD (17), lulusan termuda dari PsoB yang telah menuntaskan tingkat Advanced 2 Royal Academy of Dance-London.

“Penari-penari PsoB membius penonton dengan kelincahan penampilan dan kemampuan balet mereka. Dengan balutan kostum yang apik, bahkan ada penari yang tampil berhijab. PsoB memang memberi wadah bagi pemakai hijab sehingga tetap dapat menyalurkan bakat baletnya tanpa ada rasa kurang nyaman,” tutup Sylvi. (Lely Yuana)

To Top