Dara

Dikira Bubar, Poleng Band Rilis Lagu Percaye Bli

Hampir setahun tanpa karya, baik lagu baru maupun video klip baru,  poleng band nampak seperti tak bernyawa, di tengah hangatnya perkembangan musik lokal di Buleleng. Banyak band lokal buleleng, yang secara aktif terus berkarya dengan mengeluarkan lagu, album dan video klip baru, tak satu pun karya yang terlahir dari poleng band.  Di kalangan musisi buleleng, banyak yang menyangka Poleng band telah bubar. Pertanyaan tentang eksistensi dalam bermusik di Buleleng, sering sampai ke personil Poleng band. Wajar saja seluruh pertanyaan dari rekan sesama musisi di Buleleng datang silih berganti. Poleng band terasa menghilang setelah penampilan terakhirnya, saat menjadi band pembuka, di peluncuran lagu single “I LOVE BALI” BHIK di Denpasar, desember 2016.

Selayaknya grup musik yang baru lahir, produktivitas dalam berkarya jelas menjadi kunci utama untuk menjaga eksistensi bermusik. Tanpa karya yang terlahir, membuat Poleng band sangat meredup, hal ini tidak ditampik oleh pentolan grup music Poleng band “Ya kami menyadari hampir setahun, kami tanpa karya, kami bagaikan kapal bocor yang tanpa mesin dan dayung, ditengah lautan, hanya diam menunggu ajal” ujar Degus sang Vokalis.

Tanpa karya segar yang terlahir, terjadi kegelisahan di antara para personil Poleng Band. kegelisahan semakin memuncak pasca, Yudi sang gitaris, menyatakan diri untuk vakum sementara waktu pada awal februari 2017. Pernyataan pengunduran diri ini, disampaikan oleh Hary, drummer Poleng Band “Yudi secara pribadi melalui pesan BMM, menyampaikan kepada saya, bahwa ia (yudi) akan vakum semetara waktu dari poleng band” ungakap Hary.  Sejak itu, Poleng band hanya beranggotakan empat orang, Degus vocal, Edi Torro gitar, Yogi bass dan Hary drum.

Sentilan Poleng Band bubar, cukup sering terdengar dari setiap candaan saat berkumpul dengan teman-teman yang nampak peduli  terhadap eksistensi Poleng Band dalam bermusik. Kegelisahan ini, akhirnya menjadi pemicu untuk melahirkan karya baru. Beberapa karya lagu pun terlahir dari De Gus sang vokalis, yang selama ini menjadi motor pencipta di Poleng band, dan diputuskan untuk mengarap lagu berjudul Percaye Bli. Sebelum masuk dapur rekaman, lagu Percaye Bli ini, mengalami banyak perubahan baik secara lirik dan aransemen. “Bak gayung bersambut, Gde Kurniawan, pemilik Demores Rumah Music, tempat kami sering nongkrong, menawarkan untuk membantu proses rekaman lagu. Lagu percaya beli ini, akhirnya mulai masuk studio rekaman pada akhir bulan Mei dan berhasil dirampungkan pada minggu ketiga bulan Juni 2017,” lanjut sang vokalis.

Lagu Percaye Bli, merupakan lagu yang bertemakan cinta anak muda kepada lawan jenisnya. Ungkapan permohonan agar sang pujaan hati mau mempercayai bahwa perasaan sayang dan cinta yang disampaikan tulus dari hati dan bukan sekedar permainan. De Gus sebagai pencipta lagu mengatakan lagu Percaya Bli merupakan sebuah ungkapan laki-laki kepada wanita, agar percaya bahwa laki-laki ini benar-benar sangat mencintai dan menyayangi sang wanita.  Dalam lagu Percaye Bli, Poleng band menambah sentuhan music tecno, untuk memperindah aransement lagu “kami memasukkan music tekno dalam aransemen kami, yang akan kami jadikan ciri khas disetiap lagu yang kami ciptakan” tambah De Gus. (Wiwin Meliana)

 

To Top