Sosialita

HUT ke-23 PT. BPR Bank Kertiawan: Melangkah Pasti Hadapi Persaingan

PT. BPR Bank Kertiawan pada Rabu (9/8) genap berusia 23 tahun. Selama 23 tahun pula beragam situasi dan kondisi pernah dihadapi oleh perusahaan, dan  hingga kini tetap eksis di dunia perbankan untuk melayani nasabah dan masyarakat. Dalam rangka HUT ke –  23 PT BPR Bank Kertiawan  mengusung tema “Melangkah Pasti Menghadapi Persaingan dengan Kreativitas dan Inovasi demi Peningkatan Prestasi “.  Dalam perjalanannya, PT BPR Bank Kertiawan telah melakukan berbagai langkah atau upaya dalam menghadapi persaingan selama ini.

Selanjutnya untuk perayaan HUT kali ini  PT BPR Bank Kertiawan, melaksanakan serangkaian kegiatan yang turut melestarikan Budaya Bali. Beberapa perlombaan dilaksanakan di antara staf karyawan dan karyawati demi membangkitkan kreativitas mereka. Mulai dari  membuat gebogan, lamak sampian, canang sari hingga kwangen yang dilangsungkan pada Selasa (1/8). Kegiatan menarik lainnya adalah digelarnya ‘Lomba Busana Adat ke Pura dan Lomba Busana ke Kondangan Berpasangan’ pada Rabu (2/8).

Sementara untuk alokasi CSR-nya, PT. BPR Bank Kertiawan membagi kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan melakukan pembagian sembako di wilayah Br. Buruan, Desa Buruan, Blahbatuh, Gia­nyar pada Sabtu (5/8) karena Kantor Cabang ­Gianyar berada di Desa ­Buruan sehingga bisa lebih dekat dengan masyarakat di sana. Selanjutnya juga dilaksanakan pendakian ke Gunung Batur serta tidak ketinggalan acara seremonial dengan pemotongan kue ulang tahun pada Rabu (9/8).

Dilaksanakannya berbagai kegiatan tersebut, menurut Emic Dwi Setyawati G.S., S.E., M.B.A. Direktur Utama PT. BPR Bank Kertiawan, adalah untuk menjalin keakraban dan semangat kebersamaan antar karyawan – karyawati di ling­kungan PT BPR Bank Kertiawan, sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur kami kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas anugerah yang diberikanNya. Sebab, di tengah situasi yang penuh dengan persaingan dan kondisi bisnis yang lesu PT BPR Bank Kertiawan masih tetap eksis.

Berikutnya, Emic menyebutkan jika di setiap langkah dalam keseharian dan pelaksanaan tugas seluruh tim kerja PT. BPR Bank Kertiawan berpegang pada Motto Bank Kertiawan dalam pelayanan  yakni  “One Team,  One Spirit,  One Goal”. “Dengan satu tim yang solid,  disertai satu semangat melayani dengan sepenuh hati serta satu tujuan pencapaian visi Bank Kertiawan juga menjadikan Bank Kertiawan di tahun  2017 ini tetap eksis memperoleh beberapa penghargaan.

Kinerja Berbuah Penghargaan 

Lebih lanjut Emic Dwi Setyawati juga mengatakan bahwa pengelolaan bank  dilaksanakan dengan menerapkan ‘Tata Kelola’ yang baik sehingga bank memiliki fondasi yang kokoh untuk terus berkembang. Kemudian, membuat perencanaan bisnis yang terus dipakai sebagai acuan dan target kerja, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Dikaitkannya pula PT. BPR Bank Kertiawan selalu menjaga transparansi kondisi bank dengan mencantumkan kondisi BPR di website resmi bank dan media massa. Juga menjauhkan benturan – benturan kepentingan untuk meningkatkan kepercayaan para stakeholder. “Kami juga melakukan inovasi program dan produk yang telah ada yaitu dengan meluncurkan produk  Tabungan Arisan,  Deposito Plus+,  serta Program Kado Kredit Kertiawan,” ujar Emic Dwi Setyawati.

Terkait peningkatan kompetensi SDM,  PT. BPR Bank Kertiawan telah melaksanakan Training Need Assignment.  Program pelatihan dan fasilitator telah dijadwalkan atau dipogramkan sejak awal tahun. Hal ini dipilih berdasarkan keperluan dari perusahaan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam penerapannya dan yang penting mampu diterapkan oleh para karyawan dengan baik. “Misalnya, ketika ada kecendrungan penurunan kolektibilitas kredit, maka diadakan pelatihan analisa kredit oleh I Nyoman Duari,” katanya menekankan.

Begitu pula telah dilakukan ­penerapan teknologi informasi (TI) dan komunikasi untuk menunjang kegiatan operasional dari hulu ke hilir, sehingga risiko-risiko dapat terkendali. Selanjutnya kualitas pelayanan dapat terus ditingkatkan seperti penggunaan android untuk setoran tabungan nasabah di luar banking hall untuk mengurangi fraud. “Perihal proses dari pelaksanaan program dan kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan sepenuhnya dilakukan dengan transparan dalam pengawasan Dewan Komisaris serta didukung penuh oleh para pemegang saham,” tegasnya

Emic menyebutkan keistimewaan PT. BPR Bank Kertiawan, adalah karena memiliki produk-produk yang mampu memfasilitasi kebutuhan layanan keuangan para nasabahnya. SDM-nya pun dalam satu  tim yang solid dan selalu siap untuk membantu serta memperlakukan seluruh relasinya sebagai seorang sahabat. Sahabat yang selalu setia, tulus, ada dalam kondisi senang maupun di masa sulit. Selalu mengembangkan sikap bersinergi berdasarkan dharma untuk keberhasilan bersama. SDM –nya juga memiliki semangat untuk terus berkreativitas dan  berinovasi agar terus ada, tumbuh, berkembang dan memiliki daya saing dalam industri layanan keuangan.

Selanjutnya untuk menjaga citra dan nama baik Bank serta meningkatkan Brand Loyalty dan Brand Equity Bank, saat ini Bank Kertiawan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas kinerjanya. Tercermin  di tahun 2017 kembali diperolehnya Infobank Award dengan kinerja “Sangat Bagus” selama 7 tahun berturut-turut.  Disamping itu juga terpilih sebagai finalis BPR Terbaik se-Indonesia dalam Anugerah BPR Indonesia V-2017 yang akan diumumkan pada acara Peringatan 50 tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Singapura di Hall KBRI Singapura pada 23 Agustus 2017. -ard

 

To Top