Style

Warna –Warni Endek Kasual

Endek kini semakin digemari oleh anak muda dan pencinta fashion. Ini terbukti pada Lomba Fashion Show “Busana Casual Touch of Endek” yang digelar oleh Mingguan Tokoh pekan lalu di ajang Foof Truck Festival di Taman Kota Lumintang.

Toly Sukma, Desainer dan salah satu juri lomba mengatakan, Endek sebagai bagian dari warisan budaya kebanggaan Bali, harus dilestarikan keberadaannya. Baik dari segi teknik produksi, desain dan produk yang dihasilka serta lebih dimasyarakatkan lagi penggunaannya.

Bali, katanya selain sebagai destinasi yang hidup dalam keindahan budaya di dalamnya ada tenun ikat yang istimewa, yakni Endek. Bahkan, dalam perkembangannya Endek hadir dalam karya siap pakai yang menarik. Dan , kain tenun yang sarat dengan daya tarik itupun tergambar pada deretan peserta di panggung saat itu.

Selain itu, ada rasa cinta dan bangga dari peserta untuk turut menjaga warisan leluhur ini. Rata-rata mereka berhasil merefleksikan keindahan Endek, yang memang khas dan unik, baik dari sisi warna maupun coraknya. Warna-warna summer yang identik dengan merah, hijau dan  orange, hadir sebagai keragaman warna. Bergitu juga motifnya, membuat Endek menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta mode.  (Sri Ardhini)

To Top