Pelesir

Pesona Secret Garden Village

Bali, sebuah surga dengan keindahan yang terbentang mulai dari pantai hingga pegunungan. Salah satu keindahan yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Bali adalah Bedugul. Bukan hanya keindahan Pura Ulun Danu, Danau Beratan, dan kebun Raya Bedugul sebagai satu destinasi wisata wajib bagi wisatawan untuk dikunjungi, kini hadir satu ikon baru lagi melengkapi kekayaan wisata bedugul yakni Secret Garden Village (SGV).

Secret Garden Village terletak di Jalan Raya Denpasar Bedugul KM 36 Luwus, Tabanan, berkonsep eduvacation yang memiliki visi dan misi mengajak generasi muda untuk selalu menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia khsuusnya kekayaan alam. Kekayaan alam Indonesia inilah yang kemudian dimanfaatkan dan dikembangkan CEO Secret Garden Viilage, Billy Hartono Salim, dalam bentuk produk bermanfaat.

Oemah Herborist dan Secret Garden Recipe mewakili produk kecantikan, produk Food & Beverage diwakili oleh The Luwus dan Rice View BBQ speciliast & Scenery dan Black Eye Coffee & Rostery untuk produk kopi, yang dapat dipelajari dan dirasakan manfaatnya langsung oleh pengunjung.

Secret Garden Village telah remi dibuka pada tanggal 9 Desember 2016, dengan tagline “An Educational Factory and Outlet Tour” menawarkan sebuah pengalaman perjalanan  singkat kepada pengunjung untuk mengenal keragaman kekayaan alam Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk produk kecantikan dan juga mengenalkan kekayaan variasi dan cita rasa kopi asli dari Indonesia. Single origin Coffee Indonesia termasuk juga kopi khas Indonesia yang banyak dicari pengunjung.

Sebagai destinasi wisata  pertama di Bali dan terlengkap di Indonesia, Secret Garden Village memberikan keleluasaan pengunjung untuk menikmati tour di area Secret Garden Village Education and Tour Area yaitu beauty museum, mini plant, beauty theatre, coffee mini museum, coffee roaster, coffee theatre dan coffee cuping dipandu oleh seorang guide. Di area ini juga, pengunjung dapat menikmati 3 brand utama Secret Garden Village, yakni produk kecantikan di Oemah Herborist, mengenal kekuatan kopi lokal Indonesia di Black Eye Coffee and Roastery,  dan menikmati lezatnya kekayaan  rasa kuliner Indonesia dan Asia di The Luwus Restaurant.

Sedangkan di Secret Garden Village Family and Event Function, pengunjung dapat menikmati western menu dan tea time sore hari di tengah sejuknya hamparan persawahan, di antara pematang sawah di Rice View BBQ Speciliast & Scenery. Sedangkan The Secret Chamber dan Garden Amphitheater dapat menjadi pilihan venue untuk kebutuhan event dan kegiatan-kegiatan dilaksanakan di wilayah Bedugul dan sekitarnya, seperti gathering, wedding, outing, exhibition, dan lainnya. Keseluruhan konsep edukasi dan entertainment ini diwujudkan dalam satu desain arsitek yang berkonsep dan didesain khusus dari sentuhan tangan salah satu arsitek terbaik Asia “An Award Winning Architect, Andra Matin.

Harapan ke depannya, Secret Garden Village dapat menjadi iconic destination sebagai The New Excitement of Bedugul yang bisa memenuhi kebutuhan pengunjung, baik dari sisi wisata dan juga edukasi.

SGV Event List

  1. Grand Opening ( 9 Desember 2016)
    Content: music festival dengan line up lokal dan nsional, fashion show, traditional music and dance, dan bazaar. Line up: KLA project, Rossa, Endah & Ressa, DNA, Nostress.
  2. Imlek Celebration ( Januari 2017)

Content: Pembelanjaan Rp 300 ribu di luar tax berhak mendapatkan kesempatan mengambil angpao di pohon angpao.  Angpao berupa voucher belanja dan uang tunai.

  1. Donor darah ( Februari 2017)

Content: bekerja sama dengan UPD Tabanan berhasil mengumpulkan kantong darah dari karyawan SGV dan juga pengunjung.

  1. March in Art ( Maret 2017)

Cntent: selama 1 bulan di Secret Garden Village diadakan kegiatan yang semuanya bertema art seperti pameran lukisan, art performer ( membuat patung dan melukis), art bazzar dan musik.

  1. Simfoni Sore ( April 2017)

Content: Kolaborasi konser theatrical di satu panggung dengan setting di tengah hamparan sawah pas moment sunset.

Line up: Kecapi oleh Olivia Lin ft Rumah Kecapi Indonesia, Gus Teja – Balinese Flute Maestro, Rio Sidik- The Indonesian Trumpeter & Singer, JCorp Dance Company-Theatrical & Acrobatic Dance, Voice of Bali Choir dan Traditional Dancer.

  1. Buka Puasa bersama karyawan SGV dan panti asuhan Tabanan ( Juni 2017)

Content: Buka bersama dan menjalin silaturahmi dengan karyawan SGV dan panti Asuhan Al-Islami Hidayatullah serta Hikmah Foundation.

 

Secret Garden Village Jadi Brand Mark Wisata Tabanan

Setelah cukup lama berkarier dan bekerja dengan orang, tahun 2015 Ana Dewi Permana memutuskan  berhenti. Bulan November 2016, ia  mendapat tawaran untuk mengelola Secret Garden Village dari Billy Hartono Salim, CEO Secret Garden Village. Namun, ia  masih berpikir untuk mempertimbangkannya. Bulan April 2017, Ana Dewi Permana akhirnya menerima tawaran tersebut, setelah sebelumnya, ia mengobrol banyak dengan Billy Hartono Salim termasuk langsung datang ke Secret Garden dan bertemu dengan beberapa karyawan di sana. “Kebanyakan pengusaha fokus ke profit oriented, mereka lupa tentang apa yang  harus diangkat dari daerahnya, mereka lupa, aset terbesar adalah karyawan yang seharusnya orang lokal.  Mendengar misi dan visi Pak Billy, hati saya tergerak untuk menerima tawaran tersebut.  Pak Billy mengatakan, Secret Garden village bukan semata-mata tempat wisata tapi ada sisi edukasinya. Selain itu, yang menarik buat saya, Pak Billy juga berangan-angan ingin mewujudkan desa wisata dan budaya. Konsep misi dan visinya masuk ke dalam idealis saya. Dari sana saya memutuskan  menerima tawaran tersebut,” tutur  Vice President Director Secret Garden Village, Ana Dewi Permana ini.

Sejak bergabung April lalu, ia sedang memantapkan langkah untuk terus mempertahankan SDM lokal 70 % dan 100 % orang Indonesia.  Ia juga sedang mengagas lahan untuk permainan tradisional anak seperti guli, gasing, dll. “Kami tidak buat massif tapi tujuannya agar anak-anak mengetahui permainan tradisional Indonesia,” ujar Ana.

Ia mengatakan, dalam program edukasi, ada mini plant  tur, yang tujuannya,  bahwa produk lokal juga dikemas serius dengan teknologi muktahir. Seperti produk Black Eye mengedepankan semua kopi Indonesia. “Kami ingin mengenalkan merk lokal juga bisa maju. Akhir Agustus  kami berencana akan buka outlet di Sunset Road Kuta. Sedang dalam pembicaraan agar ke depan outlet juga  bisa dibuka di airport. Dengan membuka  outlet tentu akan menambah lapangan kerja,” ujarnya.

Ana punya target ke depan,  agar Secret Garden Village bisa menjadi destinasi tujuan dan brand mark wisata Tabanan. Ia juga punya harapan, agar  orang Tabanan tertarik bekerja di Secret Garden Village. Bahkan, dari sejak sekolah pun, mereka punya keinginan suatu saat harus bekerja di Secret Garden. Selama ini, sebagian besar orang Tabanan bekerja di Bali Selatan karena banyak brand besar di sana.  Untuk mencapai target ini,  tentu ia harus meningkatkan kualitas. Ia  sangat bersyukur  karena mendapat dukungan dari Bupati Tabanan dan SKPD terkait untuk mewujudkan destinasi wisata edukasi ini. Ke depannya, ia berharap, agar impian untuk mewujudkan desa wisata dan budaya bisa direalisasikan.  (Wirati Astiti)

To Top