Buleleng

Pertama Kali, Buleleng Raih Pengahargaan Kabupaten Layak Anak

dr. Ni Made Sukarmini, MAP., menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak, Sabtu malam (227) di Ballroom Hotel Swiss-Bell Pekanbaru Provinsi Riau

Sejak dideklarasikan tahun 2014 lalu, Kabupaten Buleleng dicanangkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) terus berkomitmen dan konsisten dalam mengakomodir kepentingan terbaik anak. Berbagai upaya telah dilakukaan untuk mendukung program tersebut di antaranya peningkatan SDM dan fasilitas publik yang dibutuhkan oleh anak-anak merupakan langkah utama yang diupayakan Pemkab. Untuk meningkatkan SDM, telah dibangun sekolah-sekolah sehingga anak-anak mudah menjangkau hak untuk mendapat pendidikan dari usia dini sampai batas usia anak. Kemudian  fasilitas publik telah pula disediakan dengan membangun sarana air minum di tempat umum yang layak, dilanjutkan dengan pembentukan Peraturan Daerah (Perda) pada Tahun 2015, memasuki tahun 2016 Pemkab buleleng terus melaksanakan pelatihan penginputan data tentang evaluasi KLA berbasis Web.

Kalai ini upaya tersebut berbuah manis. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng kembali meraih penghargaan nasional.  Kini giliran Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama berhasil diraih. Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPAP RI) Yohana Susana Yembise dan diterima langsung Bupati Buleleng,  Putu Agus Suradnyana,  ST yang diwakili oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DPPKBPPPA) Buleleng dr. Ni Made Sukarmini, MAP ,  Sabtu malam (22/7) di Ballroom Hotel Swiss-Bell Pekanbaru Provinsi Riau. Penghargaan KLA ini diterima sebanyak 126 Kabupaten/ Kota dari 519 kab/ kota di  Indonesia yang di bagi menjadi 4 kategori yakni kategori Pratama, Madya, Nindya dan Utama. Ni Made Sukarmini, MAP mengatakan, penghargaan tersebut merupakan salah satu wujud bahwa Kabupaten Buleleng berkomitmen dan serius dalam mengakomodir kepentingan terbaik anak. Penghargaan tersebut bisa diraih berkat sinergitas dari seluruh komponen masyarakat yang ada di kabupaten Buleleng. “Ini semua berkat dukungan semua elemen masyarakat dalam menjamin terpenuhinya hak-hak anak,” tuturnya.

Made Sukarmini pun menjelaskan meraih predikat Kabupaten Layak Anak tingkat pratama tidaklah mudah. Kabupaten Buleleng harus memperoleh nilai 501-600 dan dapat memenuhi 17 komponen penilaian. Penghargaan Kabupaten Layak Anak ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi seluruh elemen khususnya pemerintah untuk terus berbenah diri dan memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat. “Ke depan, pelayanan yang diberikan pada masyarakat harus lebih baik lagi, termasuk juga pemenuhan-pemenuhan hak anak,” jelasnya

Usai menerima penghargaan, Made Sukarmini berharap penghargaan yang telah diraih untuk pertama kalinya ini senantiasa dapat memicu semangat seluruh pemangku kepentingan dalam mengatasi berbagai permasalahan anak, khususnya kekerasan terhadap anak. “Tentu peran serta stakeholder sangat berarti, khususnya dalam mencegah kasus kekerasan terhadap anak serta bagaimana agar anak-anak kita terus meningkat gizinya,” tambahnya.

To Top