Surabaya

Menguji Teknologi Turbo di Lautan Pasir Berbisik

Gunung Bromo tetap jadi primadona. Daya tarik wisata pegunungan yang indah nan menawan memikat semua pihak. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya itu, medan yang terjal, pasir yang menghampar dan tanjakan untuk melihat matahari terbit maupun tenggelam menjadi pesona sendiri bagi dunia usaha. Tengok saja, sejumlah perusahaan otomotif maupun komunitas-nya sering melakukan test drive ke Gunung Bromo. Ada beberapa view yang menggoda. Diantaranya, Bukit Kingkong, Bukit Teletabis, Kawah Bromo dan Lautan Pasir Berbisik.

‘’Dengan mengenalkan mobil produk terbaru, tentunya konsumen lebih percaya dan mengenal fitur-fitur dari mobil baru,’’ kata Marketing & Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonvis Fandi, yang didampingi Wendy Miharja, saat test drive produk terbarunya Al New Honda CR-V Turbo ke Gunung Bromo, pekan lalu.

Produsen mobil sangat memerlukan test drive untuk merangkul konsumen. Apalagi tujuannya kalau tidak meyakinkan konsumen terhadap produk barunya. Rute datar mulai dari kota-kota Malang – Coban Rondo – Gunung Bromo hingga ke Surabaya diyakini dapat menguji kehandalan teknologi masing-masing mobil baru.

Tanjakan jalan yang berliku menuju Gunung Bromo yang penuh tikungan tajam dan menanjak menjadi ujian terberat bagi semua produk baru kendaraan bermotor. Apalagi, uji kecanggihan mobil dan motor baru di Lautan Pasir Berbisik yang penuh debu, jalan bergeronjal serta kabut yang tebak karena suhu udara di kawasan Gunung Bromo akhir-akhir ini sekitar 10 derajat hingga 5 derajat.

Di Lautan Pasir Berbisik Gunung Bromo, CR-V Turbo yang menghadirkan desain baru yang didukung mesin 1,5 liter VTEC Turbo dengan kapasitas tujuh penumpang. ‘’Keaandalan Turbo di medan yang curam dan berliku menjadi saksi bagi konsumen untuk menentukan pilihannya,’’ kata Jonvis, sambil menjelaskan harga CR-V Turbo terbaru sekitar Rp 436 juta hingga Rp 506 juta.

Sejumlah aktivis dari Komunitas Drone Malang, Blitar, Bojonegoro dan Surabaya menjadi saksi kehandalan teknologi sejumlah otomotif yang melakukan test drive di Gunung Bromo. Mereka dengan peralatan teknologi Drone ikut menguji kemampuan teknologi otomotif di Lautan Pasir Berbisik. Sedikitnya, ada 25 aktivis Komunitas Drone dari berbagai kota di Jawa Timur (Jatim) selalu hadir dalam uji kecanggihan teknologi mobil dan motor.

‘’Terus terang, lautan pasir di Bromo ini sangat mengganggu mesin bermotor. Kalau mereka berputar-putar di lautan pasir akan menimbulkan debu yang sangat pekat. Dan debu ini bisa merusak mesin mobil dan motor kalau tidak benar-benar canggih,’’ kata Anggota Komunitas Drone, Fanani, saat ikut menguji mesin mobil di lautan pasir.

Biasanya, kata dia, perusahaan otomotif saat mengeluarkan produk terbarunya melakukan test drive di kawasan Gunung Bromo. Selain untuk menikmati keindahan Bromo dengan wisata gunungnya, juga untuk menguji kehandalan sebuah mesin. Sebab, medan di Bromo sangat menantang karena penuh tikungan tajam dan tanjakan.

Kehadiran Komunitas Drone, sangat dibutuhkan untuk meyakinkan konsumen terhadap suatu produk. ‘’Biasanya, setelah melakukan produk test drive di Bromo, produk barunya dicari konsumen,’’ ujar Fanani. (bw)

 

To Top