Griya

Percantik Ruangan dengan Gorden

Gorden atau tirai adalah salah satu elemen penting dalam desain interior. Selain berfungsi sebagai pelindung dari ultravioet sinar matahari agar tidak langsung masuk ke dalam ruangan dan menghindari pandangan langsung dari luar, gorden telah menjadi salah satu faktor desain interior untuk mempercantik ruangan. Hal ini diungkapkan Anisah (46), pemilik toko Korden Indah di Denpasar.

Dalam memilih gorden, konsumen anda bisa mempertimbangkan banyak hal, mulai dari warna, bahan kain, model gorden, ketebalan bahan, motif dan sebagainya. “Tidak perlu memilih gorden yang mahal. Pilihlah bahan bahan dan model yang tepat dengan ruangan Anda agar matching dan mampu memberikan karakter pada ruangan Anda,” ujarnya.

Ada berbagai jenis dan model gorden yang ada di pasaran. Namun beberapa tahun terakhir, konsumen lebih banyak menyukai jenis smokring karena dinilai simpel namun tampilannya mewah. “Awalnya memang tak banyak permintaan pasar. Tetapi mungkin ketika konsumen melihat banyak yang memakai gorden ini, jadinya makin banyak yang suka,” ujar Anisah yang memulai usahanya ini dari berjualan door to door di tahun 1990.

Tahun 1995, ia dan suaminya membuka toko di kawasan Panjer, Denpasar dan setahun kemudian di Pulau Kawe, Denpasar. Anisah biasanya menjahit sendiri gorden-gorden pesanannya. Bahkan seringkali membuat desain sendiri dengan mengkolaborasikan beberapa model gorden dari kain, dan hasil desainnya ini banyak disukai konsumen.

Selain smokring, ada jenis gorden lain yang juga ditawarkan di pasaran. Di antaranya, venetian blind-berbahan aluminium yang cocok dipasang di dapur. Roller blinds-yang banyak dipakai di kamar-kamar hotel/vila. Vertical blinds-yang banyak dipakai di perkantoran. Wooden blinds-berbahan kayu, banyak disukai bule.

Untuk perawatan gorden kain dijelaskannya cukup simpel. Cukup direndam dengan air sabun, dikucek, dibilas, dan dijemur di tempat yang tidak langsung kena terik matahari. “Yang penting jangan disikat. Jika enggan mengerjakannya, bisa dibawa ke tempat kami, karena kami juga melayani servis dan perawatn gorden,” ucapnya. (Inten Indarawati)

To Top