Edukasi

Sosialisaikan Bahaya Narkoba Melalui Sekolah

Anggota Polsek Sukasada memberikan penyuluhan kepada siswa siswi SMK Vidya Usadha Singaraja

Permasalahan narkoba nampaknya menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bagi aparat kepolisian. Kasus narkoba di wilayah hukum Polres Buleleng terus terjadi, mulai dari pemakaian hingga pengedaran. Pelakunya pun dari berbagai umur, bahkan beberapa di antaranya adalah remaja dan usia produktif.

Menyikapi masalah tersebut, Polsek Sukasada mengenalkan bahaya narkoba melalui jalur pendidikan. Sosialisasi dilakukan di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja, dengan melibatkan siswa baru kelas X dan siswa kelas XI. Topik yang dibahas mengenai Bahaya Narkoba, Tata Tertib Lalu Lintas dan Hukum. Melalui Pembinaan dan Penyuluhan ini, anak-anak lebih memahami tetang bahaya narkotika sehingga tidak terjerumus dalam penggunaannya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Rabu (12/7) di Aula SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja. Polsek Sukasada mengirimkan 3 orang anggotanya dipimpin Kanit Lantas AKP I Nyoman Adika. Tercatat 35 orang siswa/siswi  Klas X dan Klas XI SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja, serta Dewan Guru yang dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah SMK Kesehatan  Vidya Usadha Singaraja I Made Dody Mahendra ikut dalam kegiatan ini.

Kanit Binmas Polsek Sukasada Iptu I Ketut Rina  menjelaskan beberapa materi yang disampaikan dalam penyuluhan tersebut antara lain, pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba, bahaya narkoba dan sanksi hukum pengguna maupun pengedar. Kanit Lantas Polsek Sukasada  AKP I Nyoman Adika memberikan materi tata cara berlalu lintas yang baik, sanksi pidana terhadap pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sesuai dengan UU RI Nomor 22 tahun 2009. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Wakil Kepala SMK Kesehatan I Made Dody Mahendra mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat memberikan informasi kepada seluruh siswa mengenai bahaya narkoba. Mengingat belakangan ini narkoba semakin banyak beredar di lintas kalangan termasuk pelajar. “Ini merupakan langkah preventif kami bekerja sama dengan Polsek Sukasada dalam mencegah beredarnya narkoba dikalangan pelajar. Siswa juga dibekali pengetahuan benda-benda yang tergolong narkoba agar mereka mampu membedakan mana obat yang boleh dikonsumsi dan mana yang tidak,” jelasnya.

Kapolsek Sukasada Kompol I Ketut Darmita, S.S., saat dikonfirmasi menjelaskan pihaknya terus berupaya melakukan penyuluhan kepada masyarakat baik melalui sekolah maupun kelompok masyarakat untuk menekan penggunaan dan peredaran narkoba di Buleleng. “Untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba dan untuk menciptakan generasi muda yang taat hukum dan tertib berlalu lintas, kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khusunya pembinaan dan penyuluhan terhadap penyalahgunaan narkoba serta tertib berlalu lintas baik di sekolah-sekolah maupun kelompok masyarakat lainya guna mewujudkan situasi Kamtibmas tetap kondusif,” tegasnya. (Wiwin Meliana)

 

To Top