Kuliner

Bandrek: Perpaduan Pedas dan Panas yang Pas

Bandrek

Minuman tradisional yang juga berkhasiat menghangatkan tubuh adalah bandrek. Minuman khas Sunda ini biasanya dihidangkan saat cuaca dingin. Bahan dasar bandrek yang paling penting adalah jahe dan gula merah.

Di daerah tertentu ada yang menambahkan rempah-rempah dan bahan lain untuk memperkuat efek hangat, misalnya sereh, merica, pandan, telur ayam kampung, dan susu. Minuman yang berisi buah kelapa yang dikerok ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan mengatasi dingin.

“Menikmati segelas bandrek membuat tenggorokan menjadi lega dan tubuh terasa hangat. Perpaduan minuman beraroma pedas yang panas dengan segarnya buah kelapa sangat pas. Minum bandrek  di daerah dingin sangat cocok,” ujar Dian, seorang penggemar bandrek.

Pria yang berprofesi sebagai sopir taksi berbasis aplikasi online ini menuturkan kenal bandrek saat berkunjung ke Bandung. Cuaca yang dingin membuatnya ingin mencoba minuman yang spesial. Akhirnya ia menemukan banyak penjual bandrek di Kota Kembang.

Di restoran atau warung makan khas Sunda, menu bandrek merupakan salah satu menu wajib yang tersedia. Penyajian minuman ini membuat pengunjung serasa berada di Jawa Barat apalagi jika minum diiringi alunan musik Sunda. Mau mencoba di rumah juga bisa karena sudah tersedia bandrek dalam kemasan. (Ngurah Budi)

To Top