Buleleng

Kembangkan Potensi Pariwisata dengan Koperasi Pariwisata

 Di Buleleng tercatat 10 Desa Wisata yang dikembangkan untuk menarik minat wisatawan. Bahkan setelah dilakukan inventarisasi, dinas terkait mencatat ada sebanyak 31 Desa Wisata di Buleleng. Salah satu Desa Wisata yang menjadi tujuan favorit wisatawan adalah Desa Sudaji Kecamatan Sawan.

Desa Sudaji  dikenalkan dan ditonjolkan dengan konsep kearifan lokal dengan didasari Tri Hita Karana. Dengan memanfaatkan rumah penduduk yang layak huni sebagai penginapan sekaligus tempat berinteraksi oleh wisatawan dengan warganya. Untuk tetap mengembangkan potensi guna mengangkat perekonomian masyarakat, Desa Sudaji membangun Koperasi Pariwisata.

Koperasi Pariwisata Ista Graha Santhi diresmikan langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST., Kamis (22/6). Dalam hal ini, Pemkab Buleleng melalui Dinas Koperasi dan UKM mengambil peran penting untuk membentuk Koperasi Pariwisata. Berdirinya Koperasi Pariwisata ini diyakini akan memberikan nuansa baru dalam upaya mewujudkan Kabupaten Buleleng sebagai tujuan destinasi wisata di Bali Utara dan bisa menciptakan lapangan kerja.

Usai meresmikan Koperasi Pariwisata, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST mengatakan, sangat mengapresiasi upaya masyarakat Desa Sudaji yang mampu berinovasi untuk mengembangkan desanya. Bupati Suradnyana menambahkan, berkembangnya koperasi pariwisata akan dipengaruhi oleh destinasi wisata yang dimiliki Desa Sudaji. “Inovasi warga Desa Sudaji sudah sangat baik. Sekarang bagaimana keseriusan mereka mengembangkan destinasi wisata yang mereka miliki. Jika pariwisatanya berkembang otomatis koperasi juga akan terus berjalan. Saya berharap ini bisa berkembang dan semua pihak saling mendukung untuk perkembangan pariwisata di Desa Sudaji,” harap Bupati Suradnyana.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Drs. I Made Budi Astawa, M.Si mengatakan, tujuan didirikan koperasi pariwisata ini untuk mengembangkan potensi pariwisata sehingga bisa meningkatkan perkembangan ekonomi kerakyatan perdesaan. Budi Astawa menambahkan, peresmian koperasi ini juga merupakan pemicu untuk desa wisata lainnya. Ia mengungkapkan, dalam waktu dekat akan didirikan kembali koperasi pariwisata di desa wisata yang lain. “Dalam waktu dekat ini dengan seijin bapak Bupati kami akan mendirikan koperasi pariwisata di desa wisata yang lain. Nantinya, setiap desa wisata akan memiliki koperasi pariwisata sehingga mempercepat perkembangan pariwisata,” jelasn Budi Astawa.

Kini Kabupaten Buleleng telah memiliki tiga Koperasi Pariwisata yang mewakili tiga zona yakni Buleleng Timur, Tengah, dan Barat. Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Buleleng No:430/927/HK/2015, telah menetapkan 31 Desa Wisata yang tersebar di 9 Kecamatan dan salah satunya Desa Wisata Sudaji, Kecamatan Sawan. (Wiwin Meliana)

 

To Top